Besok, Masjid Raya Bandung Belum Gelar Salat Jumat

oleh -
Pengurus DKM Masjid Raya Bandung Jawa Barat di Jalan Dalam Kaum, Kota Bandung, Jumat (29/5) membersihkan sejumlah fasilitas Masjid. FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

Besok, Masjid Raya Bandung Belum Gelar Salat Jumat

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Masyarakat yang rindu untuk menunaikan salat Jumat di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat tampaknya perlu bersabar.  Sebab, besok (5/6), pengurus masjid belum akan menggelar salat Jumat.

Baca Juga: Masjid Pusdai Dibuka Kembali untuk Salat Fardhu dan Jumat

Salat Jumat di masjid Raya Bandung, kemungkinan baru akan digelar Jumat pekan depan jika pendemi Covid-19 terus mereda.

Hanya saja, Sabtu (6/6) pengurus masjid akan mencoba menggelar salat dzuhur berjamaah, dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga: Seluruh Rumah Ibadah di Kota Bandung Diminta Sediakan Thermo Gun

Sebagaimana diketahui, Jumat pekan depan merupakan hari terakhir penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional Kota Bandung yang dimulai 31 Mei lalu.

“Besok belum ada salat Jumat. Hanya kita mulai Sabtu membuka salat fardhu saja,” ungkap Ketua DKM Masjid Raya Bandung, Muchtar Gandaatmaja, Kamis (4/6/2020).

Baca Juga: FOTO: Masjid Raya Bandung Menuju New Normal

Ia menegaskan, DKM telah menyiapkan standar protokol kesehatan untuk pelaksanaan salat fardhu berjamaah. “Kami sudah menyiapkan standar protokolnya. Cuci tangan di Pintu Utara, Pintu Timur dan Selatan, lalu alat deteksi suhu tubuh kita siapkan,” katanya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Persilakan Warga Beraktivitas Kembali di Rumah Ibadah Mulai 1 Juni, Ini Rekomendasinya

Muchtar berharap salat dzuhur berjamaah Sabtu nantinya dapat menjadi gambaran pelaksanaan salat Jumat pada pekan depan, maupun kegiatan pengajian umum dan majelis taklim.

Ia pun berharap jamaah salat berjamaah nantinya tidak lebih dari 400 orang, dari jumlah biasanya dalam kondisi normal dari Senin hingga Jumat dimana ada rata-rata seribu orang.

“Untuk Sabtu dan Minggu bisa mencapai 2 ribu hingga 3 ribu jamaah. Kalau Jumat itu bisa 13 ribu. Prediksi hari Sabtu, mudah-mudahan tidak lebih dari 400,” tandasnya.

(ysf/radarbandung.id)