Umuh Muchtar Sambut Baik Liga 1 Bergulir September, Tapi Ada Tidak Setujunya

oleh -
Umuh Muchtar

Umuh Muchtar Sambut Baik Liga 1 Bergulir September, Tapi Ada Tidak Setujunya

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Komisaris PT PBB, Umuh Muchtar menyambut baik rencana PSSI yang akan melanjutkan Liga 1 2020, September mendatang.

Seperti yang diketahui, usulan itu mencuat dalam pertemuan PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan perwakilan 18 klub peserta Liga 1 2020.

Meski mengaku belum mendapat informasi resminya, namun Umuh menyambut baik saat dirinya mendengar rencana itu setelah kompetisi terhenti dua bulan akibat pandemi Covid-19.

“Saya senang saja. Malah lebih bagus kita mulai Juli jika memang pandemi Covid-19 sudah selesai,” kata Umuh.

Sebagaimana yang diketahui pula, dalam usulan mencuat soal rencana PSSI yang akan memusatkan penyelenggaraan Liga 1 2020 di pulau Jawa dengan format tanpa degradasi.

Terkait ini, Umuh mengaku agak keberatan. Seharusnya, kata dia, degradasi tidak dihapus. Sebab dengan degradasi persaingan di kompetisi akan lebih semarak.

Namun demikian, apa pun keputusannya, Umuh mengaku tetap menyambut baik rencana PSSI dan PT LIB untuk kembali menggulirkan Liga 1.

“Sebenarnya saya kurang setuju kalau degradasi dihapuskan. Soalnya, ketatnya persaingan di kompetisi kan karena ada aturan degradasi juga. Kalau misalnya tidak ada degradasi, itu kan sama saja dengan turnamen. Namun, mungkin ini jalan terbaik, kita ikuti saja,” terangnya.

Selain itu, setiap klub juga akan mendapat subsidi Rp 800 juta. Terkait ini, Umuh tak menyoal. Dia hanya meminta PT LIB transparan terkait keuangannya kepada klub.

“Ada pemasukan dari sponsor harus dibuka dan transparan. Tidak ada masalah besaran angkanya, yang penting klub tahu,” tukas Umuh.

(pra)