Face Shield Unik Karakter Star Wars dari Bandung

oleh -

Face Shield Unik Karakter Star Wars dari Bandung

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Memasuki fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), masyarakat diharuskan ekstra hati-hati saat beraktivitas di luar ruangan.

Menggunakan serangkaian Alat Pelindung Diri (APD) menjadi standar protokol kesehatan yang baru. Salah satunya adalah face shield atau pelindung wajah.

Baca Juga: Kozi 6.2 Coffee Veteran Terapkan SOP Khusus Hadapi Covid-19 di Masa PSBB Proporsional

Meski terbilang baru, namun masyarakat perlahan mulai ada yang memakai pelindung wajah ketika bepergian. Penggunaan pelindung wajah ini bahkan jadi keunikan sendiri dari salah satu tempat wisata di kawasan Lembang.

Di Bandung ada yang memproduksi pelindung wajah dengan grafis menarik.

Baca Juga: Batik Motif Virus Curi Perhatian

Dinamakan ‘Life Shield’, pelindung wajah ini terinspirasi dari karakter film Star Wars yang sangat digemari banyak orang.

Sama seperti pelindung wajah pada umumnya, life shield karakter ini mulai diproduksi sejak minggu kemarin.

Inisiator Gerakan Life Shield, Aldo Ikhwanul Khalid mengatakan ide membuat pelindung wajah dengan karakter ini muncul karena pekerjaan dia sebelumnya yang memproduksi light saber untuk keperluan komunitas.

Baca Juga: Virus Corona Bikin Kedai Kopi di Bandung Ini Turun Omzet hingga 300%

“Ide ini sebelumnya kita lempar dulu lewat komunitas Star Wars yang memang base camp di sini. Kemudian mereka menyetujui dan kebetulan di Indonesia sendiri belum banyak yang produksi pelindung wajah dengan karakter,” kata Aldo di Workshop Life Shield Jalan Sunda.

Berbahan dasar plastik dengan model menggantung ini, karakter dipasang dengan sablon yang ditempel di muka wajah. Ada tiga jenis karakter Star Wars yang Aldo buat.

Baca Juga: Film Gundala Segera Tayang di Bioskop Amerika Serikat

Meski ada tempelan grafis, pemakai tetap akan nyaman dan bisa melihat jelas karena tidak semua muka wajahnya tertutupi sablon.

Kemudian, pelindung wajah ini memakai bantalan alumunium sebagai pengganjal di dahi. Dia mengklaim, material alumunium bisa membuat pemakai nyaman dan dingin, dibandingkan busa yang biasanya dipakai kebanyakan.

“Membedakan pelindung wajah ala Life Shield dengan lainnya adalah kita memakai material alumunium di bantalan dahinya. Itu berfungsi untuk menahan pelindung wajah setelah dikaitkan dengan tali. Kemudian, kalau yang lain kan biasanya pakai busa, itu kalau ber jam-jam dipakai bisa iritasi,” tuturnya.