PPDB di KBB Digelar Online, Tapi Jika Menemui Kendala Ortu Bisa Daftar Langsung ke Sekolah

oleh -

PPDB di KBB Digelar Online, Tapi Jika Menemui Kendala Ortu Bisa Daftar Langsung ke Sekolah

RADARBANDUNG.id, NGAMPRAH- Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk jalur zonasi tingkat SMP di Kab. Bandung Barat (KBB) dimulai Senin 22 Juni 2020.

Baca Juga: Warga KBB Kini Boleh Langsungkan Akad Nikah di Luar KUA, Ini Syarat dari Kemenag

Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdik KBB, Dadang A. Sapardan mengatakan, pihaknya membagi pendaftaran PPDB tingkat SMP secara online melalui ppdb.eduku.id dalam dua tahap, yakni jalur zonasi serta prestasi dan afirmasi maupun perpindahan.

“Pembagian jadwal tersebut dilakukan agar tidak terjadi penumpukan pendaftar dalam waktu bersamaan. PPDB zonasi 22-26 Juni 2020. Sementara jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan 29 Juni-3 Juli 2020,” jelas Dadang.

Baca Juga: Bandung Barat Tetap “Lumpat” di Tengah Pandemi

Ia menyebut, langkah antisipatif telah disiapkan guna mengantisipasi peserta didik gagal mendaftar secara daring. Salah satunya yakni bekerjasama dengan pihak wali kelas di sekolah asal siswa tersebut.

“Nanti masyarakat bisa daftar (online) secara kolektif melalui wali kelasnya dan didaftarkan berbarengan. Karena di sekolah asal siswa sarana dan prasarana tentu menunjang,” katanya.

Baca Juga: Pasar Tagog Padalarang Direvitalisasi Agustus, Segini Anggarannya

Jika memang tidak memungkinkan mendaftar secara daring, masyarakat juga bisa mendaftar dengan datang langsung ke sekolah yang dituju.

“Waktu PPDB jalur zonasi ada empat hari, kalau sudah dicoba masih gagal daftar secara daring. Bisa datang ke sekolah yang dituju dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19,” terangnya.

Soal protokol kesehatan, dikatakannya, telah disepakati seluruh kepala sekolah. “Di antaranya pakai masker, tempat cuci tangan diperbanyak dan jika terjadi penumpukan ada jadwal sehingga dapat bergiliran,” tukasnya.

(kro/ysf)