Nissan Juga Umumkan Program Recall buat Livina Baru Kembaran Xpander

oleh -
Nissan Livina baru kembaran Mitsubishi Xpander (Agfi Sagitian/Jawa Pos)

Nissan Juga Umumkan Program Recall buat Livina Baru Kembaran Xpander

RADARBANDUNG.id- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi mengumumkan kampanye recall atau penarikan kembali kendaraan Xpander yang sudah sampai ke konsumen lansiran tahun 2017-2019. Konsumen diminta mendatangi diler atau bengkel resmi.

Hal tersebut setelah ditemukan adanya masalah pada fuel pump atau pompa bahan bakar yang bermasalah dan bisa menyebabkan mobil mati mendadak.

Pada kendaraan Mitsubishi Xpander, MMKSI mengumumkan ada sebanyak 139 ribu lebih mobil yang terdampak terkait masalah pompa bensin model tersebut.

Dalam penjelasannya, MMKSI menjabarkan bahwa berdasarkan investigasi internal perusahaan, ditemukan fuel pump di dalam tangki dapat berhenti beroperasi yang berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja.

Menurut pihak MMKSI, kemungkinan penyebabnya adalah impeller atau baling-baling dalam fuel pump memuai dan dapat berubah bentuk. Komponen tersebut kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller tersebut berhenti berputar.

Menyusul MMKSI dengan mengumumkan recall Xpander besutan tahun 2017-2019, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) juga mengumumkan kampanye serupa. Hal tersebut ditujukan NMI pada model mobil Nissan Livina terbaru yang notabene adalah saudara kembar dari Mitsubishi Xpander.

Baca Juga: Perhatian..! Bagi Pemilik Mitsubishi Xpander, Segeralah ke Bengkel!

Livina generasi terbaru yang merupakan “kembaran” Xpander juga ikut ditarik massal untuk dilakukan perbaikan pada komponen yang sama. Livina terbaru baik dari platform sasis dan mesin memang diketahui mirip dengan Xpander karena aliansi keduanya.

Dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, pihak NMI menyebut kampanye recall Livina melibatkan produksi pada periode 22 Februari 2019 sampai dengan 24 Agustus 2019. Adapun total unit yang “diundang” untuk dilakukan perbaikan komponen fuel pump totalnya ada sebanyak 9.314 unit.

Baca Juga: Honda Recall Puluhan Ribu Unit di 3 Negara ASEAN, Indonesia?

“Nissan akan menghubungi pemilik kendaraanyang terdampak mulai hari ini, agar pelanggan dapat segera melakukan pemeriksaan kendaraan dan penggantian pompa bensin di seluruh diler resmi Nissan tanpa dipungut biaya,” ujar pihak NMI.

Deskripsi teknis recall Nissan Livina baru juga mirip dengan Xpander. Yakni sudut dengan material resin di dalam pompa bensin dapat membesar dan membuat pompa bensin berhenti berputar, hal tersebut akan mengakibatkan mesin tidak dapat hidup atau berhenti.

(jpc)