Staycation, Solusi Liburan Singkat di Dalam Kota

oleh -
Ilustrasi

Staycation, Solusi Liburan Singkat di Dalam Kota

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Tak melulu ke luar kota atau negeri, liburan juga bisa dilakukan di dalam kota. Konsep liburan di dalam kota dinamakan staycation.

Gaya liburan seperti ini biasanya dilakukan pekerja yang kesulitan memiliki waktu liburan, sehingga menghabiskan waktu di sebuah hotel atau penginapan adalah solusi yang diambil.

Ada banyak kegiatan seru yang dilakukan selama staycation. Di kota itu biasanya ada destinasi yang menawarkan perjalanan wisata untuk sementara. Ada juga pengunjung yang lebih suka bermalam atau menghabiskan waktu di kamar hotel dan menikmati fasilitas pelayanannya.

Seperti yang dilakukan Gunawan Lie, karyawan swasta ini lebih memilih staycation atau berlibur sejenak. Berdomisili di Bandung, Gunawan kerap menjadwalkan staycation bersama teman-temannya.

Tidak jarang, staycation juga dijadikan momen me time Gunawan untuk menepi dari penatnya pekerjaan.

Gunawan menuturkan, ada banyak pertimbangan mengapa dia lebih memilih staycation yang notabene masih tinggal di kota yang sama. Mencari suasana baru adalah alasan Gunawan staycation selama beberapa hari di kamar hotel.

“Biasanya memang random mau liburan yang gak banyak keluar budget, ya sudah pilihannya staycation. Sambil kumpul dengan teman-teman juga seru kan jadinya, kalau saya sih lebih seringnya untuk me time,” kata Gunawan.

Ada pertimbangan untuk Gunawan dalam memilih lokasi staycation. Memiliki pemandangan bagus dari kamar dan sesuai dengan budget adalah dua hal yang dia pikirkan. Maka dari itu, Gunawan selalu menjadwalkan staycation apabila dilakukan bersama teman-teman.

“3-4 bulan sekali staycationnya. Kalau misalkan masih di kota yang sama kan bisanya cuma weekend saja paling, tapi kalau di luar kota bisa 3-6 hari di hotel,” jelasnya.

Hotel berbintang dengan fasilitas mumpuni dipilih Gunawan, di sana dia bisa melakukan berbagai kegiatan, baik yang sudah disediakan atau belum.

Ia memberi sejumlah rekomendasi kegiatan seru selama staycation di hotel, di antaranya memanfaatkan fasilitas di hotel seperti kolam renang, spa atau gym, bisa juga mengikuti kelas atau program yang sudah disediakan seperti kelas yoga.

“Atau bisa juga cuma leha-leha aja di kamar hotel. Nikmatin suasana kamar dan istirahat,” imbuhnya.

Ia mengatakan, staycation karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggal, sekaligus melihat bagaimana standar protokol kesehatan yang diterapkan hotel.

Salah satu hotel yang jadi langganan staycation adalah Holiday Inn Pasteur. Hotel strategis ini memiliki penawaran menarik untuk tamu yang sedang merencanakan staycation.

Baca Juga: Sambut “New Normal”, The Papandayan Terapkan Standar Kesehatan dan Kebersihan Baru

Memiliki fasilitas hotel bintang empat, di sini terdapat 278 kamar tipe deluxe dan suite untuk tamu perjalanan bisnis.

Marketing Communication Executive Holiday Inn Pasteur, Rizki Mustika Agustin mengatakan, banyak tamu yang check in untuk sekedar staycation atau liburan sejenak di Kota Bandung. Rata-rata tamu staycation ingin santai sejenak di dalam kamar hotel atau menikmati fasilitas hotel.

Baca Juga: Kozi 6.2 Coffee Veteran Terapkan SOP Khusus Hadapi Covid-19 di Masa PSBB Proporsional

Selain itu, tamu staycation untuk saat ini didominasi oleh tamu dalam kota. Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proposional yang sedang dilakukan, membuat masyarakat lebih memilih menghabiskan waktu untuk family time di kamar hotel.

Fasilitas hotel di sini yang bisa dimanfaatkan tamu staycation adalah restoran, gedung serbaguna, dan kolam renang.

Baca Juga: New Normal di Upnormal

Hotel ini juga dekat dengan area-area atau tempat hiburan yang strategis seperti pusat perbelanjaan dan universitas. Letaknya yang tidak jauh dari pintu keluar tol Pasteur, membuat hotel ini mudah ditemui.

Lebih lanjut, Rizki menerangkan, Holiday Inn Pasteur hadir dengan menawarkan paket Bandung Staycation Deals. Harga dipatok mulai dari Rp 588 ribu nett per kamar untuk satu malam, sedangkan untuk dua malam dibanderol Rp 988 ribu nett per kamar.

Baca Juga: Nongkrong Aman di Rooftop Hotel Mercure Bandung City Centre

“Kapan lagi tamu bisa menikmati Bandung di tempat yang memiliki fasilitas lengkap dan pastinya bisa membuat tamu nyaman dan aman selama menginap tanpa memiliki kekhawatiran,” tuturnya ketika dihubungi.

Harga tersebut sudah termasuk sarapan untuk dua orang di kamar Deluxe. Rizki menyebut, promo ini berlaku untuk tamu yang memesan sebelum tanggal 30 Junidan periode menginap hingga 31 Juli 2020.

“Untuk reservasi bisa menghubungi melalu pesan WhatsApp di nomor 0878 0808 0878 atau telepon di 022-2060123,” tandasnya.

(fid)