Kreuz, Sepeda “Brompton” Buatan Bandung

oleh -
Kreuz, Sepeda Lipat Made in Bandung Tunggangan Jokowi
Pekerja menyelesaikan proses pembuatan Sepeda Kreuz di rumah Workshop Sepeda Kreuz, Jalan Cikutra, Kota Bandung. FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

Kreuz, Sepeda “Brompton” Buatan Bandung

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Fenomena bersepeda yang sedang digandrungi banyak orang mengantarkan sepeda Kreuz jadi primadona.

Baca Juga: Sedang Tren Gowes, Hindari juga Bahaya Bersepeda Saat Pandemi

Disebut-sebut mampu menyaingi sepeda asal London, Brompton, Kreuz berhasil membuktikan kalau produk lokal sama bagusnya dengan luar negeri.

Kepopuleran Brompton sudah lebih dulu dimulai dari komunitas pecinta sepeda. Termasuk jenis sepeda lipat, tidak heran banyak pesepeda yang memburu Brompton.

Baca Juga: Berjualan Sepeda di Bandung Bisa Raup Untung Rp8 Juta Sehari

Meski dibanderol cukup tinggi, mereka rela merogoh kocek dalam demi mendapatkan satu unit sepeda Brompton.

Kini para penggemar sepeda tidak perlu khawatir, pasalnya ada produk lokal yang membuat sepeda serupa dengan kualitas mumpuni, yakni Kreuz.

Baca Juga: Warga Kota Bandung Kini Gemar Bersepeda, Yana Mulyana Minta Mal dan Perkantoran Siapkan Ini

Sama-sama terkenal di kalangan pecinta sepeda lipat, Kreuz kini jadi primadona baru. Konsumennya pun dari berbagai daerah di Indonesia.

Sepeda Kreuz dipelopori Yudi Yudiantara dan Juju Junaedi yang lebih dulu memproduksi aksesoris sepeda. Ketika menyambangi workshop sepeda Kreuz, Yudi menuturkan keinginannya membuat sepeda Kreuz karena antusias terhadap Brompton yang sangat besar.

Baca Juga: Rencana Dibuka Lagi 26 Juni, Tahura Dago Kini jadi Trek Favorit Para Pesepeda

Tahun 2019, Yudi dan Juju datang ke pameran sepeda di Jakarta, di sana mereka melihat pengguna Brompton yang membludak.

Melihat hal tersebut, Juju kemudian menyampaikan niatnya kepada Yudi untuk ikut membuat serupa tapi dengan modifikasi dan bahan baku lokal.

Berdasarkan penglihatannya, keduanya akhirnya membuat prototipe sepeda Kreuz dengan komponen buatan Bandung.

“Saya pas buat gak lihat Bromptonnya jadi hanya mengira-ngira. Ternyata pas lihat aslinya banyak detail yang berbeda. Brompton itu hebatnya di detail yang sangat banyak. Ya sudah akhirnya bikin yang penting dapat nyamannya dulu,” kata Yudi di Workshop Sepeda Kreuz Jalan Cikutra Barat.