Jabar-BIN Gelar Tes Masif di Gedung Sate

oleh -
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyapa para petugas medis saat pengetesan masif Covid-19 di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (26/6). (IST)

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) bersama Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar pengetesan masif di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (26/6/2020).

Baca Juga: PSBB Tingkat Provinsi Jabar Akhirnya Dihentikan

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya memfokuskan pengetesan masif di tiga zona.

“Pasar yang kami waspadai, kemudian pariwisata, yang ketiga titik berangkat dan pergi, seperti terminal dan stasiun,” kata Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil.

Baca Juga: AKB Kota Bandung Belaku 2 Pekan, Ini Ketentuan Ojek Online hingga Resepsi Pernikahan

Selain di Gedung Sate, pengetesan masif yang digelar gugus tugas provinsi dan BIN berlangsung di Cijerah dan Balai Kota Bandung.

Menurut Ridwan Kamil, tiga orang dinyatakan positif COVID-19 dalam pengetesan masif. Mereka yang positif langsung mendapat penanganan sesuai prosedur kesehatan.

Baca Juga: 3 Pasien Sembuh di Subang Pulang, Tak Dikucilkan, Malah Disambut Meriah Warga

“Ada yang ditemukan tiga orang positif dan sudah dirujuk ke rumah sakit di Kota Bandung,” ucapnya.

Supaya pengetesan masif berjalan optimal, kata Ridwan Kamil, sejumlah 627 Mobile COVID-19 Test dan disiapkan gugus tugas provinsi untuk mengambil sampel di kecamatan-kecamatan.

Mobile COVID-19 Test akan dilengkapi dengan alat rapid test dan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas yang mengambil spesimen.

“Baik 627 ambulans yang disulap jadi mobil rapid tes, maupun skala-skala canggih BSL-2 dan BSL-3 yang sudah kami operasikan,” katanya.