Ortu Siswa di Bandung Demo PPDB, Protes Jalur Zonasi

oleh -
Orangtua siswa melakukan aksi demo di Balai Kota Bandung, Selasa (30/6). FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

Ortu Siswa di Bandung Demo PPDB, Protes Jalur Zonasi

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Sekitar 30 orangtua siswa yang mengeluhkan pelaksanaan PPDB di Kota Bandung menggelar demo di depan Balai Kota Bandung, Selasa (30/6/2020).

Baca Juga: Orangtua Siswa Bingung PPDB di Kota Bandung, Jarak Zonasi Berubah, Anak Pun Terlempar

Transparansi hasil PPDB, khususnya jalur zonasi, menjadi salah satu poin penting dalam aksi tersebut.

Orangtua siswa sempat melakukan aksi protes juga di gedung DPRD. Setelah berorasi dan bertemu anggota Dewan, mereka bergerak menuju Balai Kota Bandung dan ditemui oleh staf Kesbangpol dan juga Disdik Bandung.

Baca Juga: Situs PPDB 2020 Jabar Sulit Diakses, Ortu Siswa Ngadu ke Disdik

Koordinator aksi orang tua siswa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) ini, Illa Setiawati meminta, Disdik Kota Bandung lebih transparan terkait hasil PPDB dengan cara memperlihatkan alamat siswa-siswa yang diterima.

Informasi tersebut, menurutnya, dibutuhkan agar orangtua siswa yang tidak lolos bisa menakar diri, apakah memang layak atau tidak.

“Kenapa alamat siswa yang diterima maupun yang tidak diterima tidak ditayangkan ke publik? Padahal, ketika alamat itu ditayangkan, mereka itu akan menyadari, ‘oh berarti kita itu dikalahkan dengan alamat ini, koordinat segini. Kan seperti itu seharusnya,” ungkap Illa.

“Karena ini alamat tidak ditayangkan, akhirnya kami orang tua jadi berasumsi. Tapi kalau alamat siswa itu ditampilkan, kami juga akan lebih menyadari, lebih menerima,” tambahnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung, Cucu Saputra menyampaikan, sebaiknya segala keluhan, termasuk keluhan pada jalur zonasi disampaikan sebagai pengaduan kepada pihak Disdik.