Bagi Asep Punya Rumah Layak Huni Bak Mimpi di Siang Hari, Tapi Jadi Kenyataan

oleh -
Proses bedah rumah milik Asep Yadi dalam pelaksanaan program TMMD Reguler ke-108 Kodim 0605/Subang.

Bagi Asep Punya Rumah Layak Huni Bak Mimpi di Siang Hari, Tapi Jadi Kenyataan

RADARBANDUNG.id, SUBANG- Di hari kedua pelaksanaan Program TMMD Reguler ke-108 Kodim 0605/Subang, Satgas TMMD melakukan bedah Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) milik Asep Yadi (49), warga RT 09/03 Dusun lll Awi Peuteuy, Kp. Kiara Koneng, Desa Talagasari, Kec. Serangpanjang, Kab. Subang, Jawa Barat, Rabu (1/7/2020).

Setelah dilakukan pembongkaran, selanjutnya akan dilakukan pekerjaan pembangunan, galian pondasi tanah bangunan (rumah), pemasangan batu bata, plesterisasi dinding bata, pemasangan kusen pintu dan jendela dan lainnya.

Dalam proses pembongkaran rumah milik Asep ini begitu tampak kebersamaan dan gotong royong diantara masyarakat dengan para prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-108 Kodim 0605/Subang.

Keinginan untuk memiliki rumah layak huni bagi Asep sendiri hanyalah mimpi di siang bolong. Namun, ia sangat bersyukur karena rumahnya ternyata masuk ke dalam salah satu sasaran dalam program Rutilahu pemerintah.

Bagi Asep, memiliki rumah layak huni bak mimpi yang menjadi kenyataan. Tak lama lagi, Asep yang berprofesi sebagai guru ngaji, bersama istrinya Cicih, serta anak semata wayangnya Maulan (6) akan menempati rumah barunya.

Sedikitnya 50 orang terlibat dalam bedah rumah milik Asep yang sebelumnya tampak sudah nyaris ambruk. 25 orang terdiri dari personil gabungan TNI Angkatan Darat, Udara dan Laut dan 25 orang masyarakat, yang terdiri dari ketua rukun tetangga (RT), RW, Kepala Dusun (Kadus) dan para tetangga Asep.

Dandim 0605/Subang Letkol (Arh) Edi Maryono mengutarakan, TMMD merupakan bukti kemanunggalan TNI dengan rakyat yang harus terus dipupuk dan dijaga selamanya. Sehingga “TNI bersama dengan Rakyat Kuat”.

“Kondisi ini memang setiap waktu dan setiap hari bisa saja terjadi, karena ada Babinsa yang menjadi ujung tombak terdepan TNI, yang senantiasa menyatu dengan rakyat. Namun untuk skala besar, TNI menyatu dan manunggal dengan rakyat, yakni ketika ada kegiatan TMMD, seperti hari ini,” papar Letkol Edi di Subang, Rabu (1/7/2020).

Dandim mengungkapkan, selama kegiatan TMMD, Kodim 0605/Subang tak hanya melaksanakan rehab rutilahu terhadap rumah milik Asep saja, melainkan ada sembilan unit rumah laginya yang tersentuh kegiatan TMMD ke-108 yang tersebar di tiga wilayah yakni di Desa Talagasari, Desa Cijengkol dan Desa Cinta Mekar.

Baca Juga: Program TMMD, Kodim dan Pemkab Subang Buka Akses Jalan 8,5 Kilometer

“Insya Allah, selama TMMD berlangsung selama satu bulan ke depan ini, ada 10 rumah milik warga di tiga desa, yang akan kita rehab,” terangnya.

Ia berharap, program rutilahu dalam kegiatan TMMD ke-108 tahun 2020 ini, manfaatnya bisa benar-benar dirasakan oleh kepala keluarga sasaran. Sehingga ke depan tidak ada lagi warga di Subang yang menempati rumah tidak layak huni. Sekaligus dapat menjaga kesehatan keluarga, karena rehab yang dilakukan akan menjadikan rumah benar-benar layak untuk dihuni.

“Kita harapkan ke depan tidak ada lagi warga masyarakat kita yang menempati rumah yang tidak layak huni. Jadi sasaran TMMD ini selain sasaran pokok berupa pembangunan jalan lintas provinsi sepanjang 8,5 KM dan lebar 20 meter, juga ada program rutilahu,” tandasnya.

(anr/radarsubang)