Program TMMD, Kodim dan Pemkab Subang Buka Akses Jalan 8,5 Kilometer

oleh -
Bupati Subang H. Ruhimat meninjau Lokasi TMMD di Desa Cinta Mekar, Kecamatan Serangpanjang, Subang, Selasa (30/6/2020).

Program TMMD, Kodim dan Pemkab Subang Buka Akses Jalan 8,5 Kilometer

RADARBANDUNG.id, SUBANG- Bupati Subang H. Ruhimat secara resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 yang berlokasi di Desa Cinta Mekar, Kecamatan Serangpanjang.

Acara ini diawali penandatanganan kegiatan pembukaan TMMD oleh Bupati Subang H. Ruhimat bersama Komandan Kodim 0605/Subang, Letkol Arh Edi Maryono, selaku Dansatgas TMMD Reg ke -108 yang berlangsung di Aula Serbaguna Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, Selasa (30/6/2020).

Kegiatan TMMD tahun anggaran 2020 itu, dengan sasaran fisik dan nonfisik, di antaranya penerobosan jalan sepanjang 8,5 kilometer, lebar 20 meter, rehab rumah tidak layak 2 unit, pengecatan Mushola/Masjid 1 unit, dan pembuatan Pos Kamling sebanyak 2 unit.

Penandatanganan kegiatan pembukaan TMMD ke-108 oleh Bupati Subang H. Ruhimat bersama Komandan Kodim 0605/Subang, Letkol Arh Edi Maryono.

Kemudian untuk sasaran nonfisik meliputi bakti sosial, sosialisasi pemahaman wawasan kebangasaan, penyuluhan menuju Adaptasi Kehidupan Baru (AKB) dan perlombaan olahraga di lokasi TMMD.

Bupati H. Ruhimat dalam sambutannya, berharap kepada masyarakat di kawasan itu agar dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan itu juga pihaknya memberikan apresiasi kepada Dandim 0605 Subang yang telah memilih daerah tersebut sebagai lokasi kegiatan TMMD, mengingat kawasan itu dengan potensi hutan dan perkebunan rakyat melimpah.

“Masyarakat dapat merasakan langsung manfaatnya. Dengan harapan akan memacu cikal bakal proses peningkatan ekonomi masyarakat” jelasnya.

Bupati Subang H. Ruhimat, Dandim Subang Letkol Arh Edi Maryona dan Wakil Bupati Subang berfoto di Bukit Jimat Siliwangi

Selain itu, katanya TMMD juga menjadi ajang mempererat silaturahmi antara TNI dan masyarakat di kawasan tersebut. “Apalagi pelaksanaannya dilakukan secara gotong royong, TNI bersama masyarakat setempat,” katanya sela kunjungannya ke lokasi kegiatan TMMD.

Komandan Kodim 0605/Subang Letkol Arh Edi Maryono mengatakan, Program TMMD merupakan salah satu wujud kepedulian TNI kepada Pemerintahan di Daerah dalam membantu percepatan pembangunan di daerah tertinggal demi tercapainya kesejahteraan rakyat.

Selain itu, sebagai upaya pertumbuhan desa sehingga sasaran yang dibutuhkan masyarakat bisa tercapai, terlebih di kawasan desa pinggiran.

“Kenapa dipilihnya lokasi TMMD ke-108 di Kecamatan Serangpanjang, pertama di Desa Talagasri itu ada perkampungan yang terisolir, kemudian untuk mengurai kemacetan jalan Subang dan Bandung yang selama ini dikeluhkan masyarakat atau para pengguna jalan,” ungkap Edi.

Untuk diketahui, bahwa sasaran fisik TMMD ke-108 yakni untuk penerobosan jalan baru yang nantinya akan menghubungkan dua kecamatan, yakni Kecamatan Serangpanjang dan Kecamatan Cipendeuy, panjang 8,5 KM.

Hadir dalam pembukaan TMMD ke-108 ini, Wabup Subang Agus Masykur, ketua DPRD Subang, unsur Muspida, instansi terkait dan warga setempat.

(anr/radarsubang)