Bertahun-tahun Hidup Digubuk Reyot, Nenek Nemah Akan Punya Rumah Baru

oleh -
Nenek Nemah tengah menyapu membersihkan rumahnya

Bertahun-tahun Hidup Digubuk Reyot, Nenek Nemah Akan Punya Rumah Baru

RADARBANDUNG.id, SUBANG- Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0605 Subang berlanjut. Pembangunan fokus pada pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

Memasuki hari ketiga, Kamis (2/7/2020), Satgas TMMD bersama masyarakat Kampung Talun RT 13/4 Desa Talagasari Kecamatan Serangpanjang, Kab. Subang, gotong-royong melakukan pembongkaran rumah Nenek Nemah.

Nenek Nemah bertahun-tahun hidup di gubuk reyotnya seorang diri, setelah ditinggal sang suami yang meninggal dunia beberapa tahun lalu.

Nenek Nemah tinggal di gubuk berukuran 4×6 meter itu. Atap rumahnya sudah banyak yang bocor. Sebagian dinding yang terbuat dari bilik pun sudah lapuk.

“Setiap hari saya harus mengurus rumah ini. Kalau ada yang ngajak kuli ke sawah. Kalau turun hujan bocor ke dalam rumah. Alhamdulillah, rumah ini akan diperbaiki, Emak hanya bisa ucapkan terima kasih sebesar-besarnya,” kata Nenek Nemah.

Dalam pembongkaran rumah milik Nenek Nemah, belasan Prajurit TNI dan masyarakat bergotong royong merobohkan rumah untuk kemudian membangunnya kembali menjadi rumah yang layak huni.

Satgas TMMD bersama masyarakat saat melakukan pembongkaran rumah Nenek Nemah

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0605/Subang Letkol (Arh) Edi Maryono mengungkapkan, anggota TNI yang ikut dilibatkan berjumlah 15 personil gabungan TNI-AD, TNI-AL dan TNI-AU, dibantu warga masyarakat 25 orang.

Baca Juga: Program TMMD, Kodim dan Pemkab Subang Buka Akses Jalan 8,5 Kilometer

“Di hari ketiga TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang, mulai mengerjakan pembongkaran rumah milik Ibu Nemah, yang terletak di Kampung Talun Desa Talagasari. Personil yang kita libatkan ada 15 orang Personil TNI, dan bantu 25 orang warga masyarakat,” ujar Edi.

Sementara itu, pelaksanaan pembongkaran rumah Nemah tak memakan waktu lama, dimulai pukul 13.00 wib selesai pukul 16.00 Wib. Kemudian besok akan mulai dilakukan pembuatan pondasi, serta kusen kusen rumah.

Baca Juga: Bagi Asep Punya Rumah Layak Huni Bak Mimpi di Siang Hari, Tapi Jadi Kenyataan

Ia menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang antusias membantu program TMMD Kodim 0605/Subang, yang hakikatnya program TMMD ini “Dari Rakyat, Oleh Rakyat dan Untuk Rakyat,”. Ssesuai tema TMMD ke-108 Tahun 2020 Kodim 0605/Subang yakni,”TMMD Pengabdian Untuk Negeri”.

“Ini bukti nyata kemanggulan TNI dan Rakyat berbaur menjadi satu dalam program TMMD guna mewujudkan kesejahteraan rakyat,” tandasnya.

(anr/radarsubang)