Kota Bandung Naik Level, tapi Cimahi, Kab. Bandung, KBB Merosot ke Zona Kuning Covid-19

oleh -
ILUSTRASI test Covid-19. (Dery Ridwansah/ JPC)

Kota Bandung Naik Level, tapi Cimahi, Kab. Bandung, KBB Merosot ke Zona Kuning Covid-19

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Barat beralih dari zona biru ke zona kuning dalam level kewaspadaan Covid-19 hasil kajian Pemprov Jabar.

Ketua Divisi Perencanaan, Riset dan Epidemiologi GTPP COVID-19 Jabar, Taufik Budi Santoso mengungkapkan, ada delapan wilayah di Jawa Barat yang harus beralih zona, dari biru ke kuning.

Delapan daerah tersebut yaitu, Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kab. Ciamis, Kab. Cirebon, Kab. Pangandaran, Kab. Subang, Kota Cimahi, dan Kota Cirebon.

Namun, sebaliknya, kata Taufik, tercatat ada dua wilayah di Jawa Barat yang saat ini beralih status dari zona kuning ke zona biru. Wilayah itu adalah Kota Bandung dan Kab. Sukabumi.

Adapun sebelumnya, tercatat ada satu wilayah yang sudah berada di zona hijau Covid-19 yakni Kota Sukabumi.

Baca Juga: Pasien Positif Covid-19 di Jabar Bertambah 58, Total Jadi 3.276

Dalam level kewaspadaan Covid-19 Jawa Barat, maka tercatat saat ini ada satu wilayah zona hijau, 10 di zona biru, dan 16 zona kuning.

Level kewaspadaan ini dinilai melalui sembilan indikator. Adapun sebagian wilayah di Jabar kecuali Bodebek sudah menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru atau AKB.

“Perkembangan sembilan indikator level kewaspadaan selama dua pekan,” kata Taufik via pesan singkat, Kamis (2/7/2020).

10 wilayah di Jabar yang kini berada di zona biru yakni Kota Bandung, Kab. Cianjur, Kab. Kuningan, Kab. Majalengka, Kab. Purwakarta, Kab. Sumedang, Kab. Tasikmalaya, Kota Banjar, Kota Tasikmalaya, Kab. Sukabumi.

(ysf)