Heni, Wanita Asal Sumedang Alami Obesitas dengan Berat Badan 145 Kg

oleh -
Heni Jubaedah terbaring di RSUD Sumedang karena memiliki berat badan diatas rata-rata.

Heni, Wanita Asal Sumedang Alami Obesitas dengan Berat Badan 145 Kg

RADARBANDUNG.id- RSUD Sumedang menangani seorang warga yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, Heni Jubaedah (47) warga Dusun Gudang RT 3/3, Desa Gudang, Kecamatan Tanjungsari.

Baca Juga: 21 Karyawan Unilever Positif Covid-19

Kepala Humas RSUD Sumedang Iman Budiman menuturkan, dari hasil pemeriksaan terakhir, berat badan Hendi mencapai 145,4 Kg. Sementara tinggi badan Heni 145 sentimeter.

“Bu Heni ini menderita obesitas, kelebihan berat badan hampir sampai 3 kali lipat dari berat normal,” kata Iman, Jumat (3/7/2020).

Baca Juga: Bertahun-tahun Hidup Digubuk Reyot, Nenek Nemah Akan Punya Rumah Baru

Pihak RSUD, kata Iman, langsung menjemput Heni di rumahnya setelah mendapat informasi. “Karena pasien untuk jalan kaki saja susah payah, sekarang kami lakukan pemeriksaan dulu dari lab, rontgen, dan EKG,” tuturnya.

Untuk tindakan selanjutnya, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan apakah Heni harus menjalani perawatan atau bisa berobat jalan.

Iman mengatakan, Heni harus segera mendapat penanganan, sebab orang obesitas rentan terkena penyakit. “Kami masih lakukan observasi dulu untuk tindak selanjutnya. Selain itu juga siapa tahu ada penyakit penyerta seperti diabetes,” ujarnya.

Kakak ipar Heni, Euis Serna (42) menuturkan, tubuh Heni memang sudah gemuk sejak kecil. Diduga penyakit obesitasnya didapat dari faktor keturunan. Selain itu pola makan Heni yang tidak teratur membuat tubuh Heni semakin gemuk.

“Dari gadis juga memang sudah gemuk. Tapi kenaikan paling drastis itu setelah melahirkan anak kedua,” ujarnya.

(gun)