Pasar Digempur Pemkab Bandung dengan Tes Corona

oleh -
Pelaksanaan tes Corona di Pasar Tradisional di Kabupaten Bandung. (IST)

Pasar Digempur Pemkab Bandung dengan Tes Corona

RADARBANDUNG.id, SOREANG- Pemkab Bandung melalui Disperindag dan Dinkes menggelar rapid dan swab test di pasar, guna mencegah munculnya klaster baru covid-19.

Baca Juga: Wisatawan Luar Jabar Mulai Diizinkan Masuk Lembang

Kepala Disperindag Kab, Bandung Popi Hopipah mengatakan, tes Covid-19 di kawasan pasar penting untuk dilakukan, mengingat banyaknya kerumunan dan interaksi.

“Dikhawatirkan di pasar ini ada OTG (Orang Tanpa Gejala) yang bisa menularkan covid-19. Bisa jadi pedagangnya, atau juga pengunjungnya. Kami mengawali kegiatan tes terhadap 100 pedagang di Pasar Baleendah pada 18 Mei. 60 pedagang di test rapid dan 40 orang di test swab. Alhamdulillah semua hasilnya negatif,” ungkap Kadisperindag di ruang kerjanya di Soreang, Senin (6/7/2020).

Baca Juga: Kurnia Agustina Naser Cabup? Ketua Golkar Jabar Beberkan Ini

Usai Hari Raya Idul Fitri 1441 Hi, terangnya, kegiatan tes berlanjut di Majalaya. Sebanyak 120 pelaku usaha di Pasar Baru dan 50 pedagang Pasar Stasiun Majalaya menjalani rapid test secara terpisah pada 4 Juni.

“Hasilnya sebanyak 30 orang, 4 di Pasar Baru dan 26 di Pasar Stasiun menunjukkan hasil reaktif. 30 orang tersebut langsung di tes swab dan melakukan isolasi mandiri, dan 14 hari kemudian hasilnya diketahui negatif,” urainya.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Satu Keluarga di Turunan Caringin Tilu Bandung, Ayah dan Anak Meninggal di Tempat

Berlanjut 11 Juni, tes dilakukan di kawasan Pasar Banjaran. Sebanyak 158 pedagang mengikuti rapid test, 24 orang diantaranya menunjukkan reaktif dan langsung di tes swab.

Berikutnya rapid test di Pasar Ciwidey (17/6) yang diikuti 314 orang dan 49 diswab test, dan tes terakhir dilakukan di Pasar Soreang.

“Alhamdulillah saat itu pak Bupati bisa hadir, mendampingi Kasdam III/Siliwangi yang juga berkesempatan berkunjung. Peserta tes rapid saat itu berjumlah 206 orang, sedangkan 103 orang mengikuti swab. Hasilnya sudah diketahui, semua negatif,” terang Popi.

Selain di pasar besar, kegiatan yang sama juga dilakukan di sejumlah pasar desa. Antara lain di Pasar Desa Ciparay, Pasar Padawangi Desa Maruyung Pacet, Pasar Desa Sangkanhurip Katapang, Pasar Margahayu Margaasih dan Pasar Segar TKI Margahayu.