164 Peserta UTBK-SBMPTN Rapid Test di UPI, Ada yang Reaktif

oleh -
Pelaksanaan rapid test peserta UTBK-SBMPTN di Kampus UPI, Selasa (7/7). FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

164 Peserta UTBK-SBMPTN Rapid Test di UPI, Ada yang Reaktif

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- 164 orang, terdiri dari 119 peserta dan 45 panitia Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menjalani rapid test di Kampus UPI, Selasa (7/7/2020). Hasilnya, seorang peserta dinyatakan reaktif.

Hasil tersebut disampaikan koordinator lapangan rapid tes Dinkes Jabar, dr. Devi Chatrin, sesuai pelaksanaan rapid test di depan Gedung Direktorat Teknologi Informasi dan Komunikasi UPI.

“Untuk hasil, berdasarkan hasil perhitungan terakhir, dari 164 yang dites satu orang dinyatakan reaktif. Itu peserta,” katanya kepada Radarbandung.id.

“Untuk satu yang reaktif itu akan ditindak lanjutioleh kami. Nanti akan dilakukan pemeriksaan PCR swab test di Labkesda Provinsi,” jelas Devi.

Devi menyampaikan, pemeriksaan lebih lanjut atas hasil yang telah diperoleh perlu dilakukan. Pasalnya, rapid test yang dilakukan sifatnya bukan pendekatan diagnosis, melainkan hanya screening awal.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Tes Perguruan Tinggi Secara Fisik Hanya untuk Calon Mahasiswa Jabar

Devi menambahkan, rapid test yang dilaksanakan di UPI merupakan arahan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Provinsi Jabar.

Sejumlah peserta dan panitia yang menjelani test ditentukan secara acak. Para peserta setidaknya berasal dari beberapa wilayah di Jabar, seperti Karawang, Bogor, Cianjur, Garut, Kota Bandung, dan sejumlah wilayah lainnya.

(muh)