Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 di UPI Terapkan Protokol Kesehatan

oleh -
MENGGUNAKAN MASKER: Peserta Ujian Tulisan Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2020 menggunakan masker sebelum menjalani rapid test di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kota Bandung, Selasa (7/7). (Taofik Achmad Hidayat/Radar Bandung)

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020,

di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menerapkan standar protokol kesehatan. Sebanyak 164 orang terdiri dari 119 peserta dan 45 orang panitia menjalani rapid test, Selasa (7/7).

Direktorat Akademik UPI. Dr. rer.nat Asep Supriatna, M.Si menjelaskan, penerapan protokol kesehatan bagi peserta dan panitia merupakan sebuah keharusan. Tujuannya, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Rapid test dilakukan setelah peserta melaksanakan ujian. Ini untuk melindungi sekaligus menjaga kesehatan semua pihak,” ujar Asep saat ditemui di Kampus UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Selasa (7/7).

“Kapasitas peserta ujian juga dibatasi. Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 digelar dalam dua tahap, 5-14 Juli 2020 dan 20-29 Juli 2020. Waktu ujian dibagi dalam dua sesi, pukul 09.00-11.15 WIB dan 14.00-16.15 WIB,” sambungnya.

Asep mengatakan, protokol kesehatan yang diterapkan UPI saat pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 sudah sesuai anjuran dari pemerintah.

“Tujuannya agar tidak terjadi kerumunan orang,” timpalnya.

Asep juga mengimbau, setiap peserta untuk menerapkan protokol secara mandiri, mulai dari rumah memakai masker, membawa hand sanitizer dan tidak melakukan kunjungan (transit) selain lokasi UTBK serta mencuci tangan sebelum masuk ruangan.

“Kami juga melakukan penyemprotan disinfektan di setiap ruangan. Menyusun meja dan kursinya sesuai anjuran (physical distancing) bahkan menyiapkan ruang isolasi,” paparnya.

Salah seorang peserta asal SMA Negeri 1 Cililin, M Faizal Pratama menyebut, sebelum berangkat ke kampus UPI untuk melaksanakan UTBK dirinya sudah menerapkan protokol kesehatan secara mandiri.

“Dari rumah saya sudah pakai masker, bawa hand sanitizer dan obat-obatan pribadi,” terangnya.

Calon mahasiswa yang daftar ke Universitas Padjajaran (Unpad), Jurusan Ilmu Pemerintahan itu menambahkan, pelaksanaan UTBK

SBMPTN 2020 di Kampus UPI berjalan dengan baik. Pasalnya, pemeriksaan kesehatan Covid-19 (rapid test) memberi rasa aman dan nyaman bagi perserta.

“Ini pertama saya menjalani rapid test. Ya’ bersyukur karena memberi rasa aman dan nyaman bagi kita (peserta),” pungkasnya.(muh)