Sudah 60 Tempat Hiburan di Bandung Dicek Kesiapan Protokol Kesehatan, Ini Hasilnya

oleh -
Kepala Disparbud Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari saat meninjau kesiapan protokol kesehatan di salah satu tempat hiburan di Kota Bandung. (IST)

Sudah 60 Tempat Hiburan di Bandung Dicek Kesiapan Protokol Kesehatan, Ini Hasilnya

RADARBANDUNG.id, BANDUNG-  Ketua Perhimpunan Penggiat Pariwisata Bandung (P3B) Rully Panggabean berharap pengecekan kesiapan protokol tempat hiburan di Kota Bandung dapat dilakukan ke seluruh lokasi.

Baca Juga: Pemkot Bandung Bisa Dirikan Check Point Lagi dan Tutup Jalan

“Jadi, kami harap pengecekan di semua spot dilakukan, kunjungan tidak bisa dengan sample,” ujar Rully kepada wartawan, Selasa (7/7/2020).

Rully mengaku, pihaknya siap jika harus menerapkan protokol kesehatan tinggi. Karena menurutnya, itu memang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Baca Juga: Kota Bandung Naik Level, tapi Cimahi, Kab. Bandung, KBB Merosot ke Zona Kuning Covid-19

“Mudah-mudahan dengan adanya kunjungan Pemkot Bandung ke tempat-tempat hiburan ini, Pemkot memberikan izin tempat hiburan untuk kembali buka,” harapnya.

Walaupun, lanjut Rully, jika memang kapasitas kunjungan harus dibatasi 30-40%. “Walaupun dari sisi pengusaha, itu tidak ada untungnya. Namun, dari sisi pekerja, minimal bisa jadi win-win solution,” tuturnya.

Baca Juga: 13 Juli Mulai Sekolah Offline, Kota Bandung Pastikan Tak Ikut

Mengenai kemungkinan pengunjung harus menjalani rapid test, Rully mengatakan pihaknya sangat mendukung. “Kalau pekerja, itu pasti akan dirapid test. Kalau pengunjung ya kita juga sepakat,” tuturnya.

Disinggung soal biaya rapid test akan dibebankan kepada pengusaha atau pengunjung, Rully mengatakan pihaknya akan mengkaji hal ini.

Baca Juga: 90 Pengelola Tempat Hiburan di Kota Bandung Ancang-Ancang Kembali Beroperasi

Pemkot Bandung sendiri masih melakukan pengecekan kesiapan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di tempat hiburan.

Kali ini, Disbudpar bersama Satpol PP meninjau dua tempat karaoke, di Master Piece karaoke di Pasir Kaliki dan Happy Puppy Karaoke.

Baca Juga: Tanda-tanda Klub Malam di Kota Bandung Akan Buka Lagi

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, sudah ada 60 dari 200 tempat hiburan di Kota Bandung yang sudah dicek kesiapannya.

Di Kota Bandung sendiri terdapat lebih dari 200 tempat hiburan yang terdiri dari tempat karaoke, spa, pijat, klub malam, pub hingga bioskop. “Ini baru pengecekan sebagai bentuk pembinaan kepada pengusaha tempat hiburan,” katanya.

Untuk sampai tahap pembukaan tempat hiburan, Kenny mengatakan harus ada simulasi dan evaluasi. “Jadi, tidak serta-merta dengan adanya pengecekan tempat hiburan. Kita lalu mengizinkan mereka untuk buka,” tutur Kenny.