Uniknya Sambal Asap, Pedasnya Nendang

oleh -
Sambal asap

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Sajian sambal biasanya jadi penambah selera makan. Meski rasanya pedas, tapi pecinta sambal begitu banyak di Indonesia.

Baca Juga: Capek Cari Pekerjaan, Pelamar Ini Malah Ancam HRD Kena Azab

Beberapa rumah makan bahkan mengkreasikan sambal menjadi kudapan unik agar tidak membosankan.

Salah satunya adalah kreasi sambal asap buatan Loko Coffeeshop Stasiun Bandung.

Baca Juga: 5 Gaya Pacaran Negatif ABG Zaman Sekarang Bikin Geleng Kepala, Jangan Ditiru Ya!

Tidak seperti sambal pada umumnya, sambal ini menggabungkan citarasa pedas, asin dan aroma gosong yang menambah lezat sambal.

Terdapat empat varian sambal asap yang diproduksi Loko Coffeeshop Stasiun Bandung, yaitu sambal ijo teri asap, sambal teri asap, sambal cumi asap dan sambal cakalang asap.

Baca Juga: Kebahagiaan Faktanya Memang Bisa Dibeli dengan Uang, Setuju?

Untuk varian cabainya, Loko menggunakan dua jenis cabai yaitu cabai hijau dan merah.

Junior Manager Kafe, Resto dan Catering Dewi Eko Rahayu mengatakan, kreasi sambal asap ini dimulai setelah Pemkot Bandung memberikan kelonggaran pada sejumlah industri saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ditiadakan.

Baca Juga: Kreasi Banana Pudding ala Pastry Food Alumnus Unpad

Keinginannya menggaet pecinta makanan pedas, membuat tim food and beverage (fnb) Loko Coffeeshop Bandung akhirnya merilis sambal satuan.

Dewi mengungkapkan, yang membedakan sambal asap dengan sambal kemasan biasa adalah proses pengolahannya yang betulan diasapi lebih dulu.

Proses pengasapan ini dilakukan pada kondimen sambal, seperti cumi, ikan cakalang, ikan teri.

“Jadi isian dari sambalnya itu diasapin dulu sebelum akhirnya dicampur dengan bumbu-bumbu pembuat sambal,” kata Dewi di Loko Coffeeshop Stasiun Bandung Jalan Kebon Kawung.

Baca Juga: Noka Coffee, Hadirkan Cerita Petani di setiap Minumannya

Dia melanjutkan, pengasapan pada kondimen sambal rupanya mempengaruhi citarasa dan aroma sambal. Rasa sambal menjadi lebih pahit sedikit, tapi tertutupi dengan pedas gurihnya cabai. Perihal aroma, tentunya sambal ini juga langsung memberikan aroma asap yang merebak.

Dari empat varian sambal asap, Dewi menyebut kalau varian sambal cakalang asap menjadi favorit pelanggan. Memakai ikan cakalang yang bertekstur lembut, ikan ini memang kerap jadi pilihan untuk dikreasikan pada berbagai menu.

Baca Juga: Cheese Cake Ini Bisa Bikin Moodmu Membaik saat #diRumahaja, Cobain Deh!

“Lebih ke taste sih, rasanya jadi ada aroma-aroma gosong gitu tapi bukan malah jadi pahit banget, malah menambah rasa yang beda aja,” imbuhnya.

Untuk pembeli yang kurang suka pedas, harap berhati-hati. Pasalnya sambal ini memang begitu ‘nendang’ saat di makan.

Apalagi ketika disantap dengan nasi panas, seolah sambal asap sudah jadi juaranya. Buat yang tertarik, bisa membeli kreasi sambal asap ini langsung di toko Loko Coffeeshop Stasiun Bandung atau melalui aplikasi Loko Mart.

(fid)