Ini Sosok Pelaku Penipuan Ngaku Polisi Berpangkat Kombes di Bandung

oleh -
Kombes palsu, NSP (44), mengenakan seragam dan masker di Mapolrestabes Bandung, Kamis (9/6). (FOTO: MUCHAMAD DIKDIK R ARIPIANTO/RADAR BANDUNG)

Ini Sosok Pelaku Penipuan Ngaku Polisi Berpangkat Kombes di Bandung

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- NSP (44), polisi palsu diamankan di Mapolrestabes Bandung.

Ia diamankan setelah sebelumnya dilaporkan telah menipu masyarakat dengan mengaku bisa mengurus administrasi kendaraan, seperti balik nama atau perpanjangan surat kendaraan.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol. Ulung Sampurna Jaya mengatakan, tersangka telah melakukan tindak penipuan terhadap beberapa orang dengan modus yang sama.

“Kemarin Rabu (8/7), Satreskrim Polrestabes Bandung telah mengungkap atau menangkap pelaku penipuan dengan modus mengaku sebagai anggota Polri dengan berpangkat Kombes berpakaian dinas Polri,” ungkap Ulung di Mapolrestabes Bandung, Kamis (9/7/2020).

Menurut Ulung, berdasarkan hasil pengembangan kasus, penipuan tak hanya menelan korban warga Kota Bandung, tapi juga masyarakat disejumlah wilayah lain, seperti Bogor dan Cimahi. Modus penipuan telah berlangsung tiga tahun.

“Dia mengaku dinas di Sespim Polri di Lembang. Dari hasil pemeriksaan, mengaku sudah tiga tahun (mengaku polisi). Karenanya, mungkin banyak korban yang sudah ditipu. Silakan jika nanti ada korban lainnya dapat melapor ke Polrestabes atau di wilayah hukum masing-masing,” jelas Ulung.

Baca Juga: Ngaku Polisi Berpangkat Kombes, Pria di Bandung Sukses Perdaya Korbannya

Untuk kasus di Bandung sendiri, tersangka menipu seorang warga terkait pengurusan balik nama kendaraan. Korban memberikan sejumlah uang kepada tersangka. Setelah itu tersangka NSP kabur, turut membawa uang dan juga kendaraan korban.

“Untuk yang TKP Bandung, seolah-olah dia (NSP) bisa menjual jasa membantu balik nama kendaraan, dari itu dia diberikan uangnya kemudian kendaraan itu dibawa lari. Uang itu lebih dari Rp6 juta,” katanya.