Cerita Mujenih Temukan Uang Setengah Miliar, Cuma Dianggap Angin Lalu.. Salut!!

oleh -
Mujenih petugas kebersihan OTC Stasiun Bojonggede, Kabupaten Bogor yang menemukan uang setengah milar dalam gerbong KRL. (Radarbogor.id)

Cerita Mujenih Temukan Uang Setengah Miliar, Cuma Dianggap Angin Lalu.. Salut!!

GESEKAN rel dan roda-roda besi memekakkan telinga. Pengumuman otomatis dari speaker bersahut-sahutan setiap jam. Dentingan alarm menandakan pemberhentian Commuter Line yang melaju di sepanjang jalur Jakarta- Bogor.

Adalah biasa bagi Mujenih menyaksikan momen seperti itu dalam hidupnya. Ia sudah tiga tahun bekerja sebagai On Clean Train (OCT) di Stasiun Bojonggede. Hampir setiap jam kerjanya, ia berbaur dengan penumpang dan kesibukan lalu-lalang di stasiun.

Tak boleh ada ‘setitik’ debu yang luput dari rutinitasnya membersihkan gerbong-gerbong kereta.

Setiap awal pekan menjadi waktu yang paling padat penumpang di gerbong-gerbong kereta. Mereka bolak-balik menempuh jarak dari Bogor ke Jakarta. Begitu pun sebaliknya. Kesibukan bisa membuat siapa saja lupa. Lupa waktu. Lupa makan. Lupa tersenyum. Lupa segalanya.

Barangkali, itu pula yang mengawali kejadian yang tak disangka-sangka Mujenih seumur hidupnya. “Ada bungkusan plastik tuh di sana. Isinya sampah atau apa. Tolong dibersihkan,” ucap seorang petugas keamanan, sembari menunjuk salah satu bangku di gerbong prioritas, Senin (6/7/2020).

Ia lalu menemani Mujenih ke bangku tersebut. Ia meminta kepada Mujenih untuk mengecek bungkusan itu. Ukurannya cukup besar dan padat. Warna plastiknya yang hitam membuat Mujenih dan petugas keamanan tak mampu menerawang isinya.

Dikira Mujenih, isinya sampah yang ditinggalkan penumpang. Sebagaimana ia membereskan sampah di gerbong kereta saban hari. Mujenih mencoba menyepak bungkusan plastik keresek itu. Kakinya merasakan ada benda padat yang bertumpuk di dalam plastik.

Baca Juga: Spanduk Hitam Minta Pertolongan Terbentang di Gedung Eks Pusat Perbelanjaan Banceuy

Karena penasaran, ia bersama petugas keamanan membuka sebentar bungkusannya. Tumpukan uang lembaran seratus ribu menyeruak di depan mata mereka. Antara percaya dan tidak percaya, keduanya saling berpandangan.

Itulah cerita Mujenih kepada pewarta bagaimana dia menemukan uang setengah miliar di kereta jurusan Jakarta – Bogor, Senin (6/7/2020) lalu.

Baca Juga: Perangkat Desa Cianjur Dirampok, Dana Desa Rp 90 Juta Raib Dibawa Kabur

Ia menemukan uang tersebut saat kereta berhenti di Stasiun Bogor, sore hari. Karena merasa bukan miliknya, ia langsung menyerahkan kantongan uang tunai itu ke bagian Penemuan Barang Hilang kantor Stasiun Bogor. “Setelah mengisi form serah-terima, saya langsung balik kerja lagi,” tuturnya, Kamis (9/7/2020).