13 Juli Besok Masuk Sekolah, Siswa di Kab. Bandung Belajar Online dan Offline

oleh -
IST

13 Juli Besok Masuk Sekolah, Siswa di Kab. Bandung Belajar Online dan Offline

RADARBANDUNG.id, SOREANG- Seluruh tingkatan sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Bandung memasuki Tahun Pelajaran 2020-2021 besok, Senin (13/7/2020).

Baca Juga: Besok Tahun Ajaran Baru, Jangan Paksakan Sekolah Tatap Muka

Pelaksanaan pembelajaran di Kab. Bandung akan dilaksanakan, baik dalam jaringan (daring), dan juga dapat dilakukan secara offline atau luar jaringan (luring)- bagi peserta didik yang tak punya sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kab.  Bandung, Juhana mengungkap, hal itu termuat dalam Surat Edaran Disdik Nomor 423.5/1836-Disdik Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Awal Tahun Pelajaran 2020/2021 Pada Satuan Pendidikan Di Bawah Kewenangan Disdik Kab. Bandung.

Baca Juga: Berusia 102 Tahun, SDN 1 Batujajar Menjadi Bangunan Cagar Budaya

Sementara untuk pembelajaran tatap muka, Disdik masih menunggu regulasi dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kab. Bandung. “Yang jelas kesehatan lahir dan batin seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan proses pembelajaran,” ungkap Juhana dalam keterangannya yang diterima redaksi.

Mengawali tahun ajaran baru, pihaknya memberikan kesempatan kepada para peserta didik baru melalui kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Baca Juga: 13 Juli Mulai Sekolah Offline, Kota Bandung Pastikan Tak Ikut

MPLS sendiri, dilaksanakan secara daring dan luring sesuai ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki satuan pendidikan. Pembukaan MPLS diawali dengan menyaksikan sambutan dan paparan Kadisdik terkait proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19.

“Seluruh satuan pendidikan, mulai tingkat PAUD, SD dan SMP, wajib menyaksikan pembukaan MPLS, melalui saluran Youtube SAWARNA Kabupaten Bandung pada hari Senin 13 Juli 2020 Pukul 08.30 WIB. Kegiatan ini juga wajib diikuti seluruh koordinator wilayah bidang pendidikan, pengawas SMP dan SD serta penilik PAUD,” tutur Kadisdik.

Khusus untuk tingkat PAUD dan SD, Juhana membeberkan, kegiatan awal tahun pelajaran dapat dilaksanakan dengan mengundang orangtua peserta didik. “Pihak sekolah dapat menyampaikan materi parenting dan Program Pembelajaran Di Rumah. Selain itu juga, memberikan pemahaman kepada orangtua peserta didik tentang covid-19, dengan memperhatikan protokol kesehatan,” beber Juhana.