Menko Perekonomian Sebut Bantuan Langsung Pegawai Gaji di Bawah 5 Juta Sedang Disiapkan

oleh -
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (dok. humas Kemenko Perekonomian)

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Pemerintah mematangkan kebijakan stimulus untuk menekan dampak pandemi Covid-19. Salah satunya adalah bantuan langsung untuk pegawai dengan gaji di bawah Rp5 juta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan penggodokan kebijakan stimulus terus dimatangkan agar pada pelaksanaannya siap dan tidak menimbulkan gejolak.

“Support untuk mereka yang bekerja sedang dimatangkan datanya, sedang disiapkan baik dari BPJS Ketenagakerjaan. Kalau data sudah by name, by address, by rekening sudah ketemu baru program ini difinalisasi,” kata dia dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8/2020).

Dia mengungkapkan untuk para pekerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) sebanyak 2,1 juta orang berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan, akan dibantu melalui program Kartu Prakerja lebih dulu. “Untuk tahap kedua masuk program lanjutan,” kata Airlangga.

Sebelumnya, kebijakan ini memang telah dibahas pada rapat terbatas tentang penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional di Istana Presiden.

Pemerintah akan memberikan bantuan kepada seluruh pegawai yang gajinya di bawah Rp 5 juta. Bantuannya mencapai Rp 600 ribu per bulan selama beberapa bulan.

(rls)