Peringatan bagi Pelaku Streaming Ilegal, Sanksi Berat Menanti!

oleh -
Peringatan bagi Pelaku Streaming Ilegal, Sanksi Berat Menanti!
Ilustrasi/Net

Peringatan bagi Pelaku Streaming Ilegal, Sanksi Berat Menanti!

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Pelaku streaming ilegal di Indonesia harus berpikir dua kali mulai dari sekarang. Sebab, hukum di Indonesia sudah tegas memberikan sanksi.

Sanksi pidana dijatuhkan kepada pelaku streaming ilegal

Teranyar, sanksi pidana diberikan terhadap dua pelakunya di Bandung.

Ya, setelah melalui proses persidangan, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung menjatuhkan pidana penjara selama 4 tahun kepada dua terdakwa pelaku streaming ilegal siaran langsung sepakbola. Masing-masing dari mereka juga dijatuhi denda Rp750 juta.

“Menjatuhkan pidana penjara 4 tahun dan denda Rp750 juta, dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar diganti pidana kurungan satu bulan,” ungkap Ketua Majelis Hakim dalam persidangan 28 Juli lalu, T. Benny Eko Supriyadi.

Hukuman jadi warning

Meskipun putusan lebih rendah dari tuntutan yakni enam tahun penjara, dan denda Rp750 juta subsider 3 bulan kurungan, namun hukuman terhadap dua pelaku streaming ilegal ini setidaknya bisa jadi warning bagi pihak-pihak lain. Khususnya mereka yang masih melakukannya di Indonesia.

Sebelumnya, kedua terdakwa terbukti mengambil hak cipta yang dipegang MOLA TV. Keduanya kemudian dilaporkan karena merugikan.

”Putusan hakim sudah memberikan keadilan dan kepastian hukum bagi pemegang hak terdaftar, menjadi preseden yang sangat baik bagi pencipta dan pemegang hak cipta. Kami sangat menghargai kerja keras para penegak hukum dan majelis hakim yang telah secara maksimal berupaya menegakkan keadilan dan kepastian hukum,” papar Kuasa Hukum Mola TV Uba Rialin.

Uba menyatakan, hukuman yang diberikan bisa jadi pelajaran ke depannya. Tentu kepada pihak yang berupaya mengambil keuntungan atas streaming ilegal. “Setiap perbuatan pelanggaran memiliki konsekuensi hukum,” imbuhnya.

Uba menekankan, semua tayangan MOLA TV tidak dapat dipergunakan tanpa kerja sama tertulis.

Sehingga, bila ada bentuk penayangan seperti kasus ini, adalah tindakan pelanggaran hukum yang dapat dikenakan sanksi pidana dan denda.

“Sehingga segala bentuk penayangan, publikasi atau kegiatan apapun terkait tayangan MOLA Content & Channels di wilayah Negara Republik Indonesia melalui media apapun juga yang dilakukan tanpa izin, persetujuan tertulis dan/atau kerjasama dari MOLA TV di area komersil atau dengan tujuan komersil adalah pelanggaran hukum yang memiliki konsekuensi hukum serta dapat dikenakan sanksi pidana dan denda berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” bebernya.

Uba menjelaskan, tindakan dari aparat hukum juga tidak hanya menyasar pelaku ilegal streaming. tapi juga mencakup beberapa hal lain. Misalnya kegiatan nonton bareng tanpa izin.

“Aparat penegak hukum secara intensif akan terus melakukan investigasi dan menindak secara hukum dengan tegas,” tandasnya.

(pra)