Aa Gym Komentari Spanduk HUT RI Mirip Salib, Munarman FPI Ungkap Bahayanya

oleh -
Aa Gym Komentari Spanduk HUT RI Mirip Salib, Munarman FPI Ungkap Bahayanya
Spanduk HUT Kemerdekaan RI ke-75 yang dinilai terdapat lambang salib

Aa Gym Komentari Spanduk HUT RI Mirip Salib, Munarman FPI Ungkap Bahayanya

RADARBANDUNG.id- Sekretaris Umum Front Pembela Islam (Sekum FPI) Munarman menilai spanduk HUT RI ke-75 sudah menyentuh area yang sensitif.

Terlebih, pendakwah Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym juga ikut mengomentari logo HUT RI dalam spanduk yang dinilai terdapat gambar mirip tanda salib.

“Apa yang disampaikan oleh Aa Gym harus ditangkap sebagai sinyal dan deteksi dini bahwa hal-hal yang sensitif tersebut sudah masuk ke wilayah yang paling sublim,” kata Munarman kepada jpnn.com, Rabu (12/8/2020).

Menurut Munarman, Aa Gym tentu memiliki alasan kuat sehingga menilai terdapat lambang salib di spanduk HUT Kemerdekaan RI ke-75 itu.

Pemerintah pun perlu menangani persoalan kemunculan lambang salib agar tidak berdampak luas.

“Apa yang disampaikan Aa Gym adalah bersifat sensitif yang kalau tidak ditangani dengan tepat, akan berdampak luas dan melebar ke mana-mana,” ungkap dia.

“Jadi, saya pikir, perlu diserap dan dibenahi apa yang menjadi kecemasan Aa Gym,” imbuh Munarman.

Sebelumnya, Aa Gym melalui akunnya di Instagram, ikut menyampaikan pendapatnya soal spanduk yang dinilai terdapat gambar salib.

“SANGAT BISA DIMAKLUMI bila jadi PERBEDAAN PENDAPAT. Melihat spanduk resmi pemerintah untuk 17 Agustus 2020 ini,” tulisnya, Selasa (11/18).

“Karena memang sekilas seperti ada tanda salib yang besar,” sambungnya.

“Juga harus kita maklumi bila ada yang mempertanyakan dan protes. Juga bisa dimaklumi bila ada yang semangat 17-annya jadi berkurang karena merasa kurang nyaman,” kata dia.

Pendiri Pesantren Daarut Tauhid itu berharap semua pihak berbaik sangka atas masalah ini.

Termasuk untuk pihak yang seharusnya berpikir dalam mengambil keputusan.

“Walau kita berbaik sangka tak ada niat tak adil di balik semua ini. Namun, bisa jadi pelajaran, bagi kita semua,” ungkapnya.

“Dalam situasi banyak masalah seperti sekarang ini, seyogyanya semua pihak berpikir berlapis lapis, bijaksana, dan sangat peka terhadap peluang terjadinya masalah baru yang tak perlu,” jelas Aa Gym.

Aa Gym lantas menyampaikan doa untuk HUT RI ke-75. Dia mendoakan agar bangsa ini semakin rukun ke depannya.

“Semoga ulang tahun ke-75 ini, bangsa kita semakin adil dan dewasa serta diberkahi Alloh pencipta kita semua. Amin,” katanya.

“Tetap jaga kerukunan dan rasa persaudaraan dalam keberagaman di negeri yang kita cintai ini ya,” pesan dia.

Belakangan ini, publik ramai membicarakan logo dalam spanduk HUT RI ke-75 yang dianggap mirip dengan simbol salib. Logo itu merupakan hasil desain dari Pemerintah Pusat.

Baca Juga: Guru Honorer SMP Ungkap Cerita Sedih ke Aa Gym: Dibayar Rp12-20 Ribu Per Jam

Belum lama ini Aliansi Ummat Islam Karanganyar (AUIK) memprotes pemasangan spanduk berlogo HUT RI ke-75 di Karanganyar, Jawa Tengah.

Spanduk berisi logo yang didesain dari pemerintah pusat itu diklaim menyerupai simbol salib. Aksi protes dari AUIK tersebut dibagikan akun Instagram @indonesiavoice_.