Desa Karang Indah Tak Lagi Alami Krisis Air.

oleh -

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Ribuan warga Desa Karang Indah Kecamatan Bojong Mangu Kabupaten Bekasi tidak lagi mengalami krisis air. PT MUJ ONWJ membangun sumur artesis dari program Corporate Social Responsibility (CSR).

Direktur Oprasional PT MUJ ONWJ, Ardra Teja mengatakan, pembangunan sumur artesis di daerah tersebut berawal dari aspirasi mitra, yakni Yayasan Insan Siliwangi.

“kami langsung survei dan ternyata memang melihat kondisinya sangat mempihatika, didaerah sini sangat sulit air bersih. Area pesawahan pun sangat kering,” kata dia melalui siaran pers yang diterima.

Kemudian untuk lokasi sumur artesis dengan kedalaman 90 meter ditempatkan yang berada tempat di masjid di lingkungan tersebut. Tujuannya, agar warga bisa memanfaatkan untuk kepentingan rumah tangga dan juga beribadah.

Ia menargetkan membangun empat sumur artesis di wilayah tersebut. Pembangunan pertama menjadi percontohan untuk daerah lain yang mengalami kekeringan dari mulai wilayah Bekasi hingga Indramayu.

Alasan PT MUJ ONWJ memberikan CSR berupa sumur artesis karena pihaknya ingin memberikan bantuan yang berkelanjutan, bukan bantuan yang semacam hadiah Cuma satu kali seperti pemberian sembako.

Sementara itu ketua Yayasan Insan Siliwangi Minda mengatakan, sebagai mitra dari PT MUJ ONWJ pihaknya menerima laporan dari warga desa Karang Indah bahwa puluhan tahun pada musim kemarau warga sangat kesulitan sekali air bersih.

Bahkan kata Minda, untuk keperluan rumah tangga warga harus mengankut air hingga sejauh 3 KM atau bahkan 5 KM untuk ke salah satu sungai terdekat diwilayah tersebut.

“Terkadang warga juga harus terpaksa membeli air bersih untuk keperluan sehari-hari. Sekaran saat pandemi saat ini jangankan untuk membeli Air untuk makan saja sulit,” kata Minda.