RADARBANDUNG.id, CIMAHI – Menyambut Hari Pelanggan Nasional (HarPelNas) yang jatuh 4 September 2020, Perumda Tirta Raharja berikan keringan bagi pelanggan.
Keringan tersebut khususnya bagi pemasangan sambungan baru, sambungan Rumah atau pemasangan sambungan rumah Eks–Pemutusan/Bongkar.
Adapun keringanannya sebesar Rp200 ribu dengan syarat dan ketentuan berlaku.
Manager J. Humas dan Kesekretariatan PERUMDA Tirta Raharja Sri Hartati menjelaskan, pelaksanaan pemberian potongan tersebut khusus diperuntukan calon pelanggan.
Khususnya, yang melakukan pembayaran biaya pasang sambungan baru air minum, terhitung mulai tanggal 03 Agustus 2020 sampai 30 Oktober 2020.
“Momen Harplenas diharapkan pelanggan senantiasa mendukung perbaikan layanan dengan memberikan support dengan menggunakan layanan air bersih Perumda Air Minum secara aktifm” ujar Tati.
“Selain itu, turut berpartisipasi dalam memberikan kritik dan saran yang membangun bagi peningkatan layanan kedepan,” timpalnya.
Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan Perumda Air Minum Tirta Raharja tengah melakukan pemeliharaan rutin pada ruang lumpur bangunan penangkapan air baku (intake) Sungai Cisangkuy Cikalong.
Terlebih, hal ini relatif berdampak terhadap pengaliran/pendistribusian air kepada pelanggan.
“Jadi, saat dilakukannya pemeliharaan rutin tersebut, untuk sementara Perumda Air Minum Tirta Raharja perlu melakukan penghentikan operasi pada sistem produksi,” katanya.
Terkait kualitas air yang diterima oleh pelanggan ada terlihat relatif keruh, lanjut Tati, itu bisa terjadi pada saat baru diselesaikannya perbaikan kebocoran pada jaringan perpipaan, dan terjadinya fluktuasi kualitas dan kapasitas air.
“Selanjutnya, untuk proses normalisasi kondisi tersebut, petugas teknis perlu melakukan penanganan khusus pada sistem produksi, agar konsentrasi bahan kimia yang dibutuhkan akan optimal untuk mengolah air minum,” ungkapnya.
Upaya PERUMDA Air Minum Tirta Raharja dalam menangani tingkat kekeruhan akibat terjadinya fluktuasi kualitas air baku secara tiba-tiba pada instalasi pengolahan air (IPA).
Yakni melakukan drain atau membuang lumpur melalui pembukaan katup di seluruh bangunan operasi, serta melaksanakan Backwash/mencuci filter secara berkala.
Baca Juga: Pasokan Air PDAM Tirtaraharja Berkurang
“Sama hal nya dalam menangani terjadinya kualitas air yang relatif keruh pada jaringan pipa distribusi, yaitu dengan melakukan Washout/pencucian pada jaringan pipa distribusi dengan membuka katup-katup pada jaringan distribusi utama, serta melakukan pemeriksaan kualitas air pada sambungan rumah pelangggan yang berada di lokasi paling ujung pipa secara berkelanjutan,” jelasnya.
(gat)
Untuk memudahkan pelanggan dalam untuk menyampaikan keluhan dan atau pelanggan yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pelayanan air minum PERUMDA Air Minum Tirta Raharja, dapat menghubungi atau mengirim pesan, ke petugas pelayanan langganan dengan format Nama_No Pelanggan_Uraian Pengaduan.
Selanjutnya, kirimkan pesan dimaksud ke nomor Pengaduan Pelanggan PERUMDA Air Minum Tirta Raharja via WhatsApp ke :
- Wilayah Pelayanan Selatan : 08112228563
- Wilayah Pelayanan Timur : 08112228562
- Wilayah Pelayanan Utara : 08112228561