Pro Kontra Mubes IKA Unpad Bisa Diselesaikan dengan Komunikasi yang Baik

oleh -
Pro Kontra

RADARBANDUNG.id, Bandung – Ikatan Alumni Universitas Padjajaran menggelar Musyawarah Besar (MUBES) pada 11-13 September 2020, di Hotel Banana Inn, Setiabudi, Kota Bandung.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan 4 tahun sekali ini bertujuan untuk memperbaiki kelengkapan AD/ART, serta pemilihan Ketua IKA UNPAD untuk periode masa bakti 2020-2024.

Dalam rencana pelaksanaannya, agenda mubes ini menuai pro dan kontra terutama dalam hal mekanisme dan teknis pemilihan. Agenda ini juga dibumbui dengan aksi demonstrasi yang dilakukan oleh beberapa kelompok alumni yang menuntut pemilihan dilaksanakan secara one man one vote, selain itu beberapa agenda juga mundur.

Salah satu kandidat ketua IKA UNPAD Tatan Pria Sudjana memandang perlunya komunikasi, koordinasi dan mediasi antar kandidat serta panitia mubes untuk duduk bersama dan bermusyawarah dalam menyelesaikan dinamika yang terjadi.

“Menurut saya akan menjadi riskan jika dinamika yang terjadi dibiarkan tanpa solusi yang kongkrit malah akan terjadi perpecahan di internal IKA UNPAD” kata Tatan Pria Sudjana, dalam keterangan yang disampaikannya, Jum’at (11/9).

Di sisi lain Tatan mengatakan bahwa seluruh calon yang berkontestasi merupakan putra putri terbaik Unpad, dan dirinya sangat siap untuk memulai guyub demi persatuan dan kesatuan antar civitas akademika, karna masalah yang lahir dari dinamika proses MUBES IKA UNPAD menjadi kontra produktif khususnya ditengah kondisi pandemi.

Menurutnya IKA UNPAD harus menjadi jembatan/penengah antar civitas akademika universitas Padjajaran guna melahirkan solusi dari berbagai masalah yang muncul akibat pandemi. (rls)