Monstera Variegata Diburu, Tanaman Bernilai Ratusan Juta Rupiah

oleh -
Monstera Variegata Diburu, Tanaman Bernilai Ratusan Juta Rupiah
Lina Dwi Jayanti di greenhouse miliknya di kawasan Sidomulyo, Batu, yang dipenuhi berbagai jenis monstera variegata. (PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS)

Monstera Variegata Diburu, Tanaman Bernilai Ratusan Juta Rupiah

RADARBANDUNG.id- NGGAK nyangka.” Kata tersebut keluar pertama dari bibir Lina Dwi Jayanti. Betapa tidak, berawal dari hobi mengoleksi tanaman, dia mendapat keuntungan yang berlipat-lipat.

Bahkan, greenhouse-nya sekarang dipenuhi ratusan tanaman berbagai jenis monstera variegata.  Tak ayal, tanaman itu kini menjadi aset yang cukup fantastis.

Dia masih mengingat betul harga pertama monstera variegata yang dibelinya. Yakni, sekitar Rp100 ribu. Itu pun sudah dapat ukuran besar.

Perjalanannya di bisnis tanaman memang cukup panjang. Bermula pada 2016. Saat itu dia menjaga stan bunga di Selecta milik orang tuanya.

Karena ramah, Lina disenangi pelanggan. Bahkan diajak berbisnis bersama.

Pertama, bisnis yang dia geluti adalah bunga petik. Jenisnya Holland hydrangea. Bisa dibilang tanpa modal. Sebab, dia membeli bunga dari petani setelah ada pembayaran dari konsumen.

Setahun terakhir, penjualan bunga Holland hydrangea mengalami penurunan. ”Untungnya, dari bisnis itu sudah terkumpul banyak modal,” ucap Lina.

Monstera adansonii variegata atau kerap disebut janda bolong berukuran sekitar 3 sentimeter. (PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS)

Akhir 2017, dia dikenalkan seorang teman tentang tanaman monstera variegata. Kata Lina, dulu harganya tidak seperti sekarang. Empat daun dijual cuma Rp 100 ribu.

Belum setahun, harga monstera variegata sudah mulai naik. Namun, kenaikannya tidak signifikan. Hanya berkisar Rp 750 ribu untuk ukuran besar.

Karena hobi dan tertarik pada monstera variegata, Lina mulai mengoleksi monstera. Sekitar awal 2018, dia dan suaminya mulai mengembangbiakkan monstera. Tepatnya di greenhouse miliknya di Jalan Raya Sidomulyo, Kota Batu.