Punk Ceramic, Pameran Tunggal Erlangga

oleh -
Punk Ceramic, Pameran Tunggal Erlangga
Pengunjung sedang melihat karya seni keramik pada pameran tunggal bertajuk 'Punk Ceramic' karya Erlangga di Orbital Dago Jalan Rancakendal, Senin (14/09/2020).

Punk Ceramic, Pameran Tunggal Erlangga

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Keramik yang identik sebagai penghias ruangan berperan penting dalam bidang desain interior.

Memberikan nuansa berbeda, keramik terus berkembang dan tidak melulu dibentuk guci atau pot bunga.

Dikenal dengan nama keramik figurine atau patung kecil, seniman Erlangga menggelar pameran tunggal dengan nama ‘Punk Ceramic’.

Berlangsung di Galeri Orbital Dago Jalan Rancakendal pada 2-17 September 2020, Punk Ceramic menghadirkan puluhan keramik figurine.

Keramik-keramik ini memiliki bentuk unik yang bisa menambah bahan referensi penghias ruangan.

Kurator Asmudjo Irianto menuturkan, setidaknya ada tiga perkara mengapa keramik figurine (patung kecil) karya Erlangga diberi tajuk Punk Ceramic.

Pertama, karya Erlangga mengingatkan pada kecenderungan Funk Ceramic yang populer di Amerika tahun 60-70an. Karyanya berupa keramik figuratif–yang bizzare, nyeleneh, kadang surealis, dan berkarakter parodi.

“Istilah Punk Ceramic dirasa tepat untuk menjuluki karya-karya figurine Erlangga,” kata Asmudjo pada catatan kuratorial.

Hal ini menjadi alasan kedua, selain secara naratif ada beberapa figurnya yang tampak seperti sosok punk, namun lebih tepat jika dikatakan bahwa karakter estetis karya-kaya Erlangga memang ‘berjiwa sub-culture’.

Asmudjo menambahkan, figurine keramik yang dibuat Erlangga tampak ‘suka-suka’ artinya, Erlangga dengan bebas menginterpretasikan setiap karyanya dengan bentuk yang random.

Terkadang karya mengandung karakter ‘sunversif’ yang ditujukan dengan cara membuat karya-karya figurine dengan cara bebas.

Punk Ceramic, Pameran Tunggal Erlangga

Baca Juga: Mencari Makna Cantik Indonesia

Pernah belajar di Seni Rupa IKIP Padang (sekarang Universitas Negeri Padang), Erlangga tidak memiliki latar belakang keramik.