Penderita Kanker Meningkat, Antisipasi Biaya Perawatan Mahal dengan Polis Asuransi

oleh -
Penderita Kanker Meningkat, Antisipasi Biaya Perawatan Mahal dengan Polis Asuransi
Ilustrasi/IST

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Berdasarkan data dari Yayasan Kanker Indonesia, jumlah penderita kanker di Indonesia terus meningkat.

Di tahun 2019, angka kejadian kanker di Indonesia mencapai 1,362 per 1 juta penduduk.

Kanker adalah penyakit yang 90-95 persen kasusnya disebabkan faktor lingkungan, dan 5-10% karena faktor genetik atau keturunan.

Merujuk pada angka mortalitas, maka kejadian kanker tertinggi untuk laki-laki di Indonesia adalah kanker paru, kemudian kanker hati.

Sedangkan jenis kanker genetik seperti kanker payudara paling lazim ditemukan pada perempuan.

Kanker genetik atau turunan yang diderita oleh keluarga multi-generasi contohnya adalah kanker kolon, kanker rahim, kanker kulit, dan lain-lainnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, dari segi biaya perawatan, penyakit kanker merupakan penyakit nomor 2 termahal di Indonesia, setelah hemodialisis.

Padahal biaya Kesehatan di Indonesia terus naik 12 hingga 13 persen tiap tahun.

Dalam kehidupan nyata, biaya tak terduga paling besar berasal dari pengeluaran berobat serta perawatan kesehatan.

Merujuk data tersebut, PT Avrist Assurance (Avrist Assurance) memperkenalkan produk asuransi kesehatan terbaru bernama Avrist Prime Hospital & Surgical.

Sebuah solusi lengkap dan menyeluruh guna memenuhi kebutuhan medis dalam rawat inap dan pembedahan bagi keluarga.

Serta memberikan akses dalam mendapatkan perawatan kesehatan terbaik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Ernest Febrianto, Head of Corporate Marketing Communications, PT Avrist Assurance mengatakan, menyediakan perawatan kesehatan untuk keluarga, termasuk orang tua merupakan hal yang penting sebagai orang yang sudah menginjak umur dewasa.

“Cermat berasuransi merupakan salah satu jawaban untuk menjaga perencanaan keuangan keluarga agar tidak menguras habis tabungan seumur hidup,” katanya melalui siaran pers yang diterima, Rabu (16/9/2020).

Avrist Prime Hospital & Surgical memberikan asuransi perawatan kesehatan bagi pemegang polis dengan berbagai tawaran.

Yakni cukup hanya dengan satu polis saja, maka pemegang polis dapat memberikan jaminan proteksi kesehatan untuk semua keluarga.

Di antaranya proteksi kepada pasangan, anak kandung hingga keluarga kandung lain.

Semuanya dipastikan kenyamanan privasi dengan satu tempat tidur dan kamar mandi di dalam (VIP Room).

Fasilitas lain di antaranya adalah non-tunai (cashless) hingga seluruh dunia dengan batas tahunan manfaat sampai dengan 3 juta Dollar Manfaat Layanan Medis dengan perlindungan hampir di seluruh dunia.

Menurut Ainun Wulandari, Regional Chief Agency Officer, PT Avrist Assurance, di dalam kehidupan nyata, seringkali kita menemukan kasus dimana masyarakat kurang matang dalam persiapan untuk menanggung biaya perawatan penyakit kritis.

Baca Juga: Alfred Riedl Meninggal di Usia 70 Tahun karena Penyakit Kanker

Masyarakat harus cermat mengubah pola pikir bahwa perencanaan keuangan dan pemantapan skema portfolio asuransi adalah aksi persiapan skenario realistis dan bukan skenario terburuk semata (worst-case scenario).