Sekda DKI Meninggal karena Gagal Pernapasan Akibat Covid-19

oleh -
Positif Covid-19, Sekda DKI Meninggal Dunia
Sekda DKI Saefullah

Sekda DKI Meninggal karena Gagal Pernapasan Akibat Covid-19

RADARBANDUNG.id- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah meninggal dunia.

Kabar itu dibenarkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Chaidir, saat dikonfirmasi, Rabu (16/9/2020). “Iya benar (meninggal dunia),” ujarnya.

Saefullah meninggal dunia pada pukul 12:55 di Rumah Sakit Gatot Subroto, Jakarta Pusat akibat terinfeksi Covid-19 dan sempat menjalani perawatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti mengungkap penyebab meninggalnya Sekda.

Hasil analisa medis menemukan fakta bahwa Saefullah mengalami shock sepsis irreversible dengan ARDS bagi pasien terkonfirmasi Covid-19.

“Bapak Saefullah meninggal karena shock sepsis irreversible dengan ARDS, yaitu kerusakan pada jaringan paru akibat infeksi Covid-19, sehingga menyebabkan gagal napas yang tidak dapat diperbaiki,” kata Widyastuti dalam keterangan tertulis, Rabu (16/9).

Kondisi tersebut menyebabkan, Saefullah gagal bernapas.

“Hal ini karena tidak bisa terjadi pertukaran oksigen yang memadai. Mari kita semua doakan agar Bapak Saefullah dilapangkan di sisi-Nya,” ucap Widyastuti.

Sebelumnya, kabar duka yang menyelimuti keluarga besar Pemprov DKI Jakarta ini juga dikonfirmasi langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Saudara kita, sahabat baik kita, pribadi shaleh yang amat baik itu yang selama ini bekerja bersama kita, telah dipanggil pulang ke rahmatullah,” ucapnya.

Baca Juga: Positif Covid-19, Sekda DKI Meninggal Dunia

Saefullah awalnya menjalani perawatan di Rumah Sakit MMC, Jakarta Selatan sejak 8 September 2020 hingga akhirnya dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto pada Minggu (13/9) dini hari.

Rencananya jenazah Saefullah akan dimakamkan dengan protokol Covid-19 di tanah pemakaman keluarga di Rorotan, Jakarta Utara.

(jpc/rb)