Mulai Jumat Besok, 5 Ruas Jalan di Kota Bandung Ini Ditutup

oleh -
Mulai Jumat Besok, 5 Ruas Jalan di Kota Bandung Ini Ditutup
ILUSTRASI: Petugas Polisi dan Dishub berjaga saat penutupan sejumlah ruas jalan di Kota Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Minggu (29/3). (Taofik Achmad Hidayat/Radar Bandung)

Mulai Jumat Besok, 5 Ruas Jalan di Kota Bandung Ini Ditutup

RADARBANDUNG.id, BANDUNG Lima ruas jalan yang masuk kategori ring 1 di Kota Bandung akan ditutup selama masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) diperketat.

“Dengan adanya peningkatan pandemi Covid-19. Kami bekerja sama dengan Dishub Kota Bandung akan menutup beberapa ruas jalan,” ungkap Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Rano Hadianto kepada wartawan, Kamis (17/9/2020).

Jalan di Bandung ditutup mulai Jumat (18/9)

Rano mengatakan, rencananya, penutupan jalan akan dilakukan 14 hari ke depan mulai Jumat (18/9/2020) besok pukul 09.00-11.00, dan pukul 22.00-06.00 Wib.

Penutupan jalan ini dilakukan dinamis (buka-tutup). Pertama di Jalan Otista-Surniaraja sampai Otista-Asia Afrika. Kedua, dari simpang Jalan Riau sampai Wastukancana.

Ketiga dari Jalan Riau sampai Jalan Merdeka. Keempat Asia Afrika-Tamblong sampai JPO Cikapundung Barat, dan kelima Jalan Merdeka- Riau- Aceh.

“Kalau orang-orang yang bekerja di lingkungan sekitar ruas jalan yang ditutup akan kami bukakan aksesnya. Mereka tinggal bilang kepada petugas, nanti akan dibukakan oleh petugas,” tuturnya.

“Kami berharap dengan penutupan jalan ini sebagai upaya meningatkan kembali ke masyarakat, agar sadar Corona masih ada,” tegasnya.

“Untuk malam kami beri kesempatan pukul 21.00 Wib warga bersiap-siap, setelah itu kita tutup,” tambahnya.

Penutupan jalan sebagai antisipasi mobilitas masyarakat 

Sementara itu, Kadishub Kota Bandung Ricky Gustiadi menyatakan, penutupan jalan dilakukan sebagai pertimbangan dari penerapan AKB diperketat.

Baca Juga: Malam Minggu, Penutupan Jalan di Kota Bandung hingga Jalur Perbatasan

“Antisipasi mobilitas masyarakat gunakan kendaraan bermotor dan tidak bermotor agar dari pukul 9-11 tidak ada penumpukan kendaraan terutama di lokasi tertentu,” jelasnya.

Penutupan jalan, lanjutnya, tidak akan ada sanksi, hanya warga tidak bisa masuk ke lokasi tersebut.

Baca Juga: Camat Astanaanyar dan Puluhan Anak Buahnya di 5 Kelurahan Positif Covid-19

“Nggak ada sanksinya, hanya tanyakan aktifitas mereka. Dishub dan Satlantas tetap bersiaga di sana, sekitar 20-40 personil. Imbauan kepada masyarakat di masa AKB tetap disiplin kesehatan protokol kesehatan. Kita sudah izin ke  Gugus Tugas dan agar hindari aktifitas kerumunan,” tegasnya.