Pelihara Ikan Cupang, Jadi Cara Unik Hilangkan Stres

oleh -
ikan cupang
TERNAK: Peternak mengecek ikan cupang jenis Galaxy di Baladewa, Kota Bandung, Jumat (18/9). Ikan cupang di jual dengan harga Rp.50 ribu hingga Rp.5 juta per ekor dipasarkan melalui digital ke suluruh daerah Indonesia serta menjadi sarana hiburan yang aman di tengah pandemi covid-19. (Taofik Achmad Hidayat/Radar Bandung)

RADARBANDUNG.id, LIFESTYLE – Memelihara ikan hias bisa jadi alternatif masyarakat yang sedang mencari kegiatan di tengah pandemi Covid-19. Belum normalnya aktivitas seperti dulu kala, rupanya membuat orang-orang semakin kreatif dalam membunuh rasa bosan.

Seperti yang dirasakan Yana Waryana, penjual ikan hias yang kebanjiran orderan selama pandemi Covid-19, apalagi saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Yana menuturkan, selama pandemi ini dia mengalami peningkatan penjualan 50 persen dibanding hari biasa.

Ikan Cupang

“Kalau dibanding hari biasa karena kita sudah punya pasar sendiri, ikan cupang atau ikan hias ya jelas ada peningkatan. Kebutuhan konsumen lebih tajam daripada dulu. Ada peningkatan tapi gak terlalu drastis,” kata Yana dihubungi, Jum’at (18/09).

Yana menerangkan, permintaan ikan mulai meningkat ketika pandemi dan pergerakan orang dibatasi. Ikan hias dengan warna-warna yang cantik, dianggap mampu memberikan ketenangan secara psikologis pada pemiliknya. Maka dari itu, banyak orang berbondong-bondong mengincar ikan sebagai peliharaan selama pandemi.