Pelaku UMKM Harus Tahu! Begini Cara Gunakan Fitur Shopping di Instagram

oleh -
Pelaku UMKM Harus Tahu! Begini Cara Gunakan Fitur Shopping di Instagram

RADARBANDUNG.id – Instagram, sebagai salah satu media sosial paling populer merilis fitur shopping untuk semua bisnis dan kreator Indonesia.

Fitur shopping ini bertujuan memaksimalkan strategi pemasaran pelaku usaha pada Instagram, dengan juga tersedia pada IGTV.

Memberikan opsi lebih banyak bagi pebisnis dan kreator dalam menciptakan konten yang menarik untuk menjual produk-produk mereka.

Country Director Facebook Indonesia Pieter Lydian mengatakan, fitur shopping pada instagram membantu pembeli dalam mencari produk yang diinginkan.

Terintegrasi dengan Facebook shop. Secara tidak langsung, kata Pieter, ini membangun bisnis online secara bersamaan.

  • Peluncuran fitur shopping Instagram 

“Instagram menjadi wadah penggerak bagi pebisnis dalam memasarkan produk dan mendorong penjualan, terutama saat pandemi,” ujar Pieter via Zoom, Selasa (6/10/2020).

“Fitur shopping yang diluncurkan bertahap mulai hari ini kelanjutan komitmen kami dalam membantu UMKM dan kreator Indonesia untuk terus ‘naik kelas’ dan meraih sukses,” katanya.

Pieter menjelaskan untuk menggunakan fitur shopping, pelaku bisnis harus membuat toko melalui Commerce Manager.

Setelah berhasil, selanjutnya pelaku bisnis dapat mengajukan permohonan mengaktifkan fitur dengan mengikuti beberapa langkah.

Pertama, buka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat dalam laman profil instagram, lalu pilih pengaturan.

Kemudian, pilih bisnis dan klik ‘siapkan instagram shopping’, ikuti langkah-langkah yang tertera dan ajukan peninjauan untuk akun.

Pieter menambahkan, demi menjaga keamanan pengguna platform instagram, seluruh proses peninjauan permohonan fitur shopping oleh manusia untuk meminimalisir kesalahan.

“Karena itu, proses peninjauan ini biasanya memerlukan waktu beberapa hari, bahkan terkadang dapat memerlukan waktu yang lebih lama,” tambahnya.

Jika permohonan disetujui, pelaku bisnis langsung mengaktifkan fitur shopping dengan beberapa langkah.

Sejak bulan Juli, instagram juga sudah melakukan uji coba untuk tab Toko (shop) pada halaman navigasi utama instagram.

Baca Juga: Instagram Resmi Umumkan Kehadiran Reels, Fitur Mirip TikTok

Dengan tab ini, pengguna akan semakin mudah dalam menemukan brand dan bisnis favorit mereka.

Rencananya, instagram akan segera meluncurkan tab Toko ini untuk semua pengguna seluruh dunia dalam waktu dekat.

(fid)