PSBB Transisi Dimulai 12 Oktober, Jakarta Sumbang 1.389 Kasus Covid-19 Harian

oleh -
Jakarta PSBB Lagi Seperti Awal Pandemi, Pergerakan Orang Keluar Masuk?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan umumkan penerapan PSBB
  • Bioskop kembali buka saat PSBB transisi Jakarta berlaku

Seiring kebijakan ini, beberapa aktivitas sosial ruang publik kembali buka, salah satunya bioskop.

Namun, dalam dokumen Pemprov DKI Jakarta pembukaan bioskop harus menerapkan menerapkan maksimal dengan kapasitas 25 persen.

Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin mengatakan, akan mengkaji terkait kapasitas itu secara internal. Sebab, ada beberapa pertimbangan, khususnya terkait penyelenggara film.

“Kami akan menyikapi dan mengkaji secara internal dari 50 persen ke 25 persen.  Karena tergantung penyelenggara film mau atau enggak market 25 persen,” ujarnya kepada JawaPos.com, Minggu (11/10).

Djonny menyebut, akan melakukan pembahasan secara internal Rabu 14 Oktober 2020. “Pokoknya kami mengikuti aturan Pemda. nanti Rabu 14 Oktober kami akan diskusi terkait hal ini,” ucapnya.

Dalam aturan transisi, penyelenggara bioskop harus mematuhi sejumlah syarat, seperti jarak antar tempat duduk minimal 1,5 meter, pengunjung tidak boleh lalu lalang ataupun berpindah tempat duduk selama pemutaran film.

“Secara protokol kesehatan kan sudah berkali-kali itu ya evaluasi, sudah tiga kali semua siap,” tuturnya.

Djonny mengungkapkan, jika pertunjukan bioskop mendapat izin beroperasi, maka akan ada 30 bioskop yang akan beroperasi. “Pokoknya kalau Jakarta bioskop boleh buka, akan ada 30 gerai nanti ikut buka. Kenapa Jakarta karena filmnya dari Jakarta,” imbuhnya.

Baca Juga: Update Kasus Covid-19 Kota Bandung: Waspadai Klaster Keluarga

Djonny mengklaim, bioskop yang telah buka pada luar Jakarta semua berlangsung aman. Bahkan, tidak ada bukti penularan Covid-19 berasal dari bioskop.

“Toh untuk daerah-daerah yang diperbolehkan semua aman-aman saja kok. Kan semua diawasi juga oleh Pemda dan ngga kenapa-kenapa,” tutupnya.

(jpnn/jpc/rb)