Lucid Saudi

oleh -
Lucid Saudi
Lucid Saudi

Misalnya saja, kini lagi dibangun theme park terbesar di dunia. Letaknya 40 km di luar kota Riyadh. Namanya: Qiddiyah. Saking besarnya sampai disebut Qiddiyah City. Tahap satunya akan selesai dua tahun lagi.

PIF juga membiayai pembuatan 50 pulau wisata di Laut Merah. Di sepanjang 200 kilometer pantainya yang dekat Jeddah. Sekali bangun 50 pulau buatan.

Tapi biaya yang terbesar adalah untuk membangun kota wisata baru di dekat Israel: Neom City. Yakni kota baru yang sepenuhnya smart city. (Baca juga: Neo Mustaqbal)

Tapi PIF juga membeli banyak sekali saham-saham minoritas di perusahaan global. Termasuk Uber, Boeing, Facebook sampai ke perusahaan EO konser: Live Nation Concert Amerika. Yang bidang usahanya menyelenggarakan konser kelas dunia. Termasuk mendatangkan artis-artisnya.
Turun tangan PIF di pengembangan Lucid menjadi biasa saja.

Tentu Saudi akan mengucurkan dana lebih besar lagi untuk memproduksi Lucid. Pabrik Lucid pun mulai dibangun –di Casa Grande, wilayah selatan negara bagian Arizona.

Edward Ludlow pun sudah melakukan test tiga mobil listrik di kelas yang sama-sama atas: Tesla model S, Porsche dan Lucid.

Harga yang termahal adalah Porsche. Ini untuk mempertahankan gengsi Porsche sebagai mobil mahal. Yang termurah adalah Tesla. Tapi Tesla model S itu paling sedikit kemampuan jarak tempuhnya: 530 km sekali charge. Itulah sebabnya Tesla lagi merancang mobil listrik jarak jauh. Agar tidak disalip oleh Lucid.

Tahun depan adalah titik balik yang nyata di dunia otomotif. Terutama di Amerika dan Eropa.

Baca Juga: Disway- Keluarga TikTok

Tahun depan adalah dimulainya garis penurunan mobil bensin yang diikuti garis naik mobil listrik.

Itu belum memasukkan Tiongkok sebagai faktor yang lebih gila lagi.

(Dahlan Iskan)