Emil Siap Bantu Promosikan Produk UMKM yang Terpuruk Saat Pandemi Covid-19

oleh -

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Bisnis pelaku UMKM mengalami penurunan di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi hampir sepanjang tahun. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membuka kerjasama untuk ikut memasarkan produk UMKM secara cuma-cuma.

Ide itu muncul saat ia mengunggah salah satu produk sepatu asal Bandung di akun media sosial. Ternyata, hal tersebut berdampak terhadap penjualan produk. Ia pun berharap hal ini bisa berdampak pada brand lokal lainnya.

Namun, tak hanya menjadi promotor, ia bersedia untuk terjun langsung mendesain agar tiap produk punya identitas yang kuat. “Kita perlu kebersamaan untuk meningkatkan ekonomi kreatif. Kebetulan saya punya dua hal, background desain dan follower sosial media,” kata dia melalui siaran pers yang diterima, Senin (26/10/2020).

“Kalau saya cuma megang (memrpomosikan) kurang sreg karena gak ada keterlibataan. Supaya ada memori izinkan saya berpartisipasi. Jadi ada edisi khusus Ridwan Kamil, semua manfaatnya silakan ambil semua,” paparnya.

Setelah melewati proses kruasi, total ada 22 brand lokal dari Jabar, Jateng dan Jatim yang akan berkolaborasi.

“Makanya saya tawarkan ke semuanya yang mau gak hanya di Jabar ternyata banyak. Next step kalau memang setuju saya dengan senang hati bantu, tiap brand yang sudah jadi saya ekspose. Biasanya apa yang saya posting heboh,” tuturnya.

Ia pun sempat bertemu dengan para pelaku UMKM di sela kunjungannya ke Jawa Tengah. Ada sekitar delapan pemilik brand yang diajak berdiskusi. Mereka pun memperkenalkan sejarah produknya hingga berkeluh kesah tentang penurunan omzet akibat pandemi.

Selain membahas soal rencana kerja sama, Emil pun menawarkan bantuan permodalan untuk pemilik brand lokal yang kesulitan dalam sisi modal usaha.

“Saya punya bank Bjb, kalau semua akses sudah mentok kita bisa manfaatkan kalau isunya di permodalan,” ungkapnya.

(rls)