Rencana Liburan ke Ciwidey? Siap-siap Dites Covid-19

oleh -
Rencana Liburan ke Ciwidey? Siap-siap Dites Covid-19
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Bandung Grace Mediana

“Ini saran Gugus Tugas Provinsi Jawa Barat, Ciwidey akan menjadi destinasi wisata favorit masa libur panjang.”

RADARBANDUNG.id, SOREANG – Jelang libur cuti bersama dan libur nasional Maulid Nabi mulai 28 hingga 30 Oktober 2020, Bupati Bandung Dadang M Naser mengimbau warganya menghabiskan libur panjang di rumah.

Namun, bagi masyarakat yang tetap ingin berlibur, Dadang Naser menganjurkan berwisata ke tempat wisata alam terbuka.

“Tentunya dengan menerapkan prokes (protokol kesehatan) seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak,” ungkapnya.

Kepala Dinkes Kabupaten Bandung, Grace Mediana Purnami mengungkapkan, untuk menghindari lonjakan kasus positif Covid-19, pihaknya akan tetap memberikan pelayanan kesehatan selama libur panjang.

“Kabupaten Bandung memiliki total 62 puskesmas. 5 puskesmas memiliki tempat perawatan dan akan buka selama 24 jam,” ungkapnya.

“Sementara 57 puskesmas tanpa ruang perawatan, tetap melayani masyarakat yang akan berobat dengan sistem piket. Setiap puskesmas minimal ada 5 tenaga kesehatan yang siap melayani setiap harinya,” lanjutnya.

Baca Juga: Ini Langkah Ridwan Kamil Cegah Lonjakan Kasus COVID-19 di Libur Panjang Akhir Oktober

Tak hanya puskesmas, kata Grace, 3 Rumah Sakit Umum Daerah juga siap melayani masyarakat saat libur panjang ini.

Ia juga menuturkan, guna mencegah terjadinya klaster baru sektor pariwisata telah berkoordinasi dengan Disparbud serta Satpol PP untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada wisatawan.

Baca Juga: Siap-siap Dites COVID-19 bagi Wisatawan dan Pemudik di Jawa Barat

“Ini saran Gugus Tugas Provinsi Jawa Barat, Ciwidey akan menjadi destinasi wisata favorit masa libur panjang,” tuturnya.

Bersama Disparbud, Satpol PP dan Gugus Tugas berencana melaksanakan rapid test dan swab bagi wisatawan yang akan mengunjungi destinasi wisata Ciwidey atau sekitar Bandung Selatan.

“Untuk lokasinya, Insya Allah sekitar Gedong Budaya Sabilulungan,” sebutnya.

(ysf)