PT. Gajah Mada Balekambang Didemo Pekerjanya

oleh -
PT. Gajah Mada Balekambang Didemo Pekerjanya
Para pekerja berorasi dalam unjuk rasa di depan pintu gerbang PT Gajah Mada Jalan Balekambang Kec Majalaya Kab Bandung, Rabu (28/10/2020). Foto : Deden Kusdinar/Radar Bandung

RADARBANDUNG.id, MAJALAYA – Sekitar 85 pekerja PT Gajah Mada berorasi di depan gerbang pabriknya, Balekambang, Desa Sukamaju, Majalaya, Kab Bandung, Rabu (28/10/2020).

Puluhan pekerja PT Gajah Mada II yang tergabung dalam Organisasi Buruh SBK (Serikat Buruh Kompak) ke tempat bekerjanya sendiri ini menyertakan serikat buruh KSN (Konfederasi Serikat Nasional).

Berdasar informasi, puluhan pekerja melakukan unjuk rasa damai menyuarakan hak-hak kepada perusahaan.

Dengan tuntutan antara lain; agar perusahaan memberikan kepastian kerja, membayar upah selama mereka diliburkan karena dampak Covid-19.

Selain itu, memberikan hak cuti, membayar upah sesuai UMK serta mengikutsertakan buruh dalam program BPJS.

Mereka juga melakukan long march aksi solidaritas terhadap Eli, yang merupakan mantan karyawan PT. Sinar Sari Sejati, Jalan Laswi Majalaya – Ciparay, Desa Padamulya.

Baca Juga: Menaker Sebar Edaran ke Gubernur, Upah Minimum 2021 Tak Naik

Kepada pihak perusahaan mereka menyuarakan tuntutan kepada pihak perusahaan agar membatalkan PHK secara sepihak.

Terpantau, aksi unjuk rasa ini mendapat pengamanan dari pihak kepolisian wilayah Rayon 2; Polsek Majalaya, Paseh, Ibun, Solokanjeruk, Cikancung dan Ibun.

Baca Juga: Upah Minimum 2021 Tak Naik, Ini Pernyataan Sikap Buruh Jawa Barat

Serta pengawalan dari unsur Dalmas Polresta Bandung, serta TNI Koramil Majalaya dan unsur intelkam jaring Kodim.

Unjuk rasa para pekerja mulai pukul 8.00 Wib- 11.30, baik pada pintu gerbang PT Gajah Mada maupun PT Sinar Sari Sejati ini berlangsung dengan tertib.

(den/radarbandung.id)