Cara Klaim Asuransi Mobil Agar Tidak Ditolak, Meskipun hanya Lecet

oleh -

RADARBANDUNG.id – Para pemilik asuransi mobil sebaiknya tidak hanya mengetahui daftar bengkel rekanan asuransi saja. Mereka tentu juga perlu mengetahui berbagai hal mengenai asuransi mobil yang mereka miliki, termasuk mengetahui cara melakukan klaim jika terjadi kerusakan pada mobilnya.

Kerusakan mobil beraneka ragam jenisnya. Dan tahukah Anda, bahwa kita bisa mengajukan klaim kepada asuransi mobil meskipun kendaraan kita hanya mengalami lecet sekalipun.

Ya, bersyukurlah apabila mobil Anda lecet dan Anda memiliki asuransi mobil. Anda bisa mendapatkan layanan perbaikan dengan cara mengajukan klaim.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda pahami agar bisa mengajukan klaim asuransi mobil lecet tanpa ditolak perusahaan asuransi. Hal-hal ini sebaiknya Anda ingat, meskipun saat ini kendaraan Anda sedang tidak mengalami kerusakan. Mari simak dalam ulasan dari Lifepal.co.id berikut ini.

1. Hubungi pihak asuransi mobil

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi perusahaan asuransi mobil Anda. Sebab, pengajuan klaim hanya bisa dilakukan terhadap asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kendaraan Anda.

Selain perusahaan asuransi, Anda juga bisa menghubungi pihak kepolisian apabila mobil Anda mengalami lebih hanya sekedar lecet pada bodi. Yang jelas, perusahaan asuransi penerbit polis asuransi mobil yang Anda miliki harus jadi salah satu pihak pertama yang Anda beritahu perihal kerusakan mobil yang Anda alami.

2. Pastikan memotret kerusakan untuk dilampirkan

Dalam mengabulkan klaim asuransi mobil yang Anda ajukan, perusahaan asuransi tidak serta merta melakukannya dalam waktu singkat. Asuransi tentu membutuhkan bukti-bukti untuk menunjukkan kerusakan yang terjadi. Contoh bukti yang bisa diberikan adalah foto bagian mobil yang mengalami rusak atau lecet lantaran kecelakaan yang tidak disengaja.

Foto ini harus ada karena memperlihatkan kondisi sebenarnya dari mobil Anda yang mengalami kerusakan akibat kecelakaan, apalagi jika sampai mengakibatkan kerusakan parah. Selain untuk dilampirkan pada pengajuan klaim asuransi, foto juga bisa digunakan untuk pelaporan ke pihak berwajib apabila diperlukan.