Tumbuhkan Pengusaha Baru di Kab. Trenggalek Lewat Pelatihan bersama Femalepreneur Indonesia

oleh -

RADARBANDUNG.id – Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (KOMIDAG) mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi 75 perempuan dari berbagai desa di Pendopo Kabupaten Trenggalek. Pelatihan yang mengusung tema “Perempuan Hebat Berwirausaha” ini bekerja sama dengan Femalepreneur Indonesia dalam penyusunan kurikulum ajar, proses belajar, hingga mentoringnya.

Pelatihan kewirausahaan ini digelar selama tiga hari mulai dari tanggal 16 November 2020 dan berakhir pada tanggal 18 November 2020. Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Trenggalek, Ir. Joko Irianto M.Si dan menghadirkan narasumber sekaligus mentor secara langsung dari Femalepreneur Indonesia yakni, Emmy Surya, Mario Devan, dan Titik Rusmiati.

“Pelatihan ini cukup strategis untuk menumbuhkan wirausaha baru, serta menaikkan kelas usaha mikro kita,” ujar Sekda Kabupaten Trenggalek, Ir. Joko Irianto, M.Si saat membuka acara Pelatihan Perempuan Hebat Berwirausaha di Pendopo Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek.

Selanjutnya, dalam sambutan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Komindag) Trenggalek, Drs. Agus Setijono juga menyampaikan bahwa ada 75 peserta pelatihan ini adalah perempuan berasal dari Kecamatan Panggul, Karangan yang akan mendapatkan enam materi dari Femalepreneur Indonesia.

“Enam bekal pelatihan dipersiapkan dalam pelatihan ini sesuai perkembangan era digital 4.0 diantaranya, Mindset dan Analisis Usaha, Desain Produk dan Kemasan, Copywriting, Fundamental Marketing, Pengelolaan Pelanggan,” jelas Agus Setijono.

Menariknya, Femalepreneur Indonesia tidak hanya memberikan pelatihan secara tatap muka saja, namun juga akan terus mendampingi melalui virtual di grup Whatsapp agar para peserta terdampingi dalam proses praktiknya.

Kemudian, seusai pelatihan, Tim Femalepreneur Indonesia tidak lupa mengunjungi Galeri Gemilang Trenggalek dan melihat pameran dari berbagai hasil produk karya lokal UMKM Trenggalek seperti makanan, batik, seni kerajinan tangan dan lain sebagainya.

“Harapan kami, tim Femalepreneur Indonesia, dapat mendampingi para peserta pelatihan agar produknya bisa sebagus produk-produk yang ada di Galeri Gemilang ini, dan semoga produk-produknya bisa naik kelas sehingga pemasarannya bisa lebih luas,” tutur Emmy Surya, Selaku CEO Femalepreneur Indonesia.

(apt)