Mendikbud Rencanakan Sekolah Tatap Muka Januari 2021, Ridwan Kamil Siapkan Ini

oleh -
Jabar Ajukan 3 Juta Vaksin Covid-19 di Gelombang Pertama Penyuntikan
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menanggapi rencana Mendikbud, Nadiem Makarim yang akan kembali membuka aktivitas sekolah tatap muka Januari 2021.

Semua keputusan akhir, Mendikbud serahkan ke daerah masing-masing.

Ridwan Kamil menegaskan, segera menyiapkan kebijakan, sekaligus akan melihat kemungkinan pembukaan aktivitas sekolah tatap muka.

Ia menyebut, saat ini sudah ada beberapa sekolah zona hijau Covid-19 Jabar yang sudah menggelar aktivitas belajar mengajar secara langsung dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat dan sejumlah penyesuaian.

Baca Juga: Sekolah Dibuka Januari 2021, Disdik Jabar Ikut Kebijakan Pusat

Artinya, kebijakan itu tak dapat berlaku umum bagi setiap daerah. Apalagi, mayoritas zona hijau Jabar pada daerah pedesaan.

“Sedang kita siapkan, pada dasarnya juga sekarang sudah ada daerah dan desa yang mendapat izin (buka sekolah tatap muka) zona hijau itu sudah ada,” terang Ridwan Kamil, Senin (23/11/2020).

Baca Juga: Satgas Covid-19 Minta Pemda Bersiap untuk Buka Sekolah Januari 2021

Ridwan Kamil katakan, karena kebijakan datang dari pemerintah pusat, Pemda perlu melakukan kajian, sekaligus menganalisa risiko.

Ia juga mengaku sudah menginstruksikan segala kebutuhan persiapan sekolah tatap muka kepada Disdik.

“Karena Covid-19 kan tantangannya pada perkotaan yang lebih padat. Itu yang akan kita rumuskan. Tapi pada dasarnya Covid mengajarkan keputusan itu harus proporsional, tidak bisa memukul rata,” tandasnya.

(ysf)