Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di RSUD Cililin Penuh

oleh -
Puluhan Warga Gununghalu KBB Keracunan Massal Makanan, Kejang-kejang, 2 Kritis
Ilustrasi

RADARBANDUNG.id, NGAMPRAH – Ruang isolasi pasien Covid-19 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cililin, Kab. Bandung Barat (KBB) terisi penuh.

Bahkan saat ini memiliki daftar tunggu (waiting list) pasien Covid-19 untuk ditempatkan pada ruang isolasi.

“Iya, penuh. Jadi kalau ada pasien Covid-19, sementara kami rujuk ke rumah sakit lain, ada Sistem Rujukan Terintegrasi (Sisrute),” kata Direktur Utama RSUD Cililin Ahmad Oktorudy via Ponsel, Senin (23/11/2020).

Ahmad katakan, RSUD Cililin memiliki 4 ruang isolasi hijau untuk pasien orang tanpa gejala (OTG). Kemudian 2 ruang isolasi kuning bagi pasien bergejala Covid-19. Masing-masing ruangan untuk dua pasien.

“Jadi, kurang lebih sekitar 12 bed untuk pasien Covid-19, yang itu sudah penuh semua. Selain enam kamar itu kami melakukan penambahan ruang isolasi, karena pasien Covid-19 harus ditempatkan khusus, tidak boleh campur dengan pasien lain,” ujarnya.

Saat ini, kata Okto, ada juga pasien Covid-19 yang menunggu ketersediaan ruang isolasi, baik RSUD Cililin maupun rumah sakit rujukan. Jumlah pasien Covid-19 yang menunggu ruang isolasi ada empat orang, tapi ada antara mereka yang sudah ke rumah sakit lain.

“Jadi, ada pasien yang tidak bisa mendapat perawatan ruang isolasi itu harus dirujuk. Nah, kami masih menunggu jawaban dari Sisrute. Kalau sekarang, yang waiting list masih isolasi pada ruang isolasi UGD Covid-19,” tuturnya.

  • Ruang isolasi RSUD Cililin penuh usai libur panjang¬†¬†

Menurutnya, ruang isolasi RSUD Cililin mulai penuh usai libur panjang akhir Oktober lalu.

Baca Juga: Bandung Barat Bertahan di Zona Oranye Covid-19

Mereka yang menjalani isolasi merupakan warga Cililin, Cihampelas, maupun warga daerah selatan KBB lainnya.

“Ruang isolasi kami itu mulai penuh setelah liburan panjang kemarin. Jadi, pasien Covid-19 itu memang mengalami peningkatan setelah libur panjang,” ungkapnya.

Baca Juga: Kabar 29 Positif Covid-19 Membuat Resah Warga Cikidang Lembang

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB Hernawan Widjajanto mengaku sudah menerima kabar terkait ketersediaan ruang isolasi RSUD Cililin yang penuh ini.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit untuk mengalihkan sebagian pasien Covid-19.

“Kondisinya memang demikian. Kami arahkan ke rumah sakit lain, seperti RSUD Lembang dan Cikalongwetan, jadi tidak akan overload seperti di RSUD Cililin lagi,” kata Hernawan.

(kro)