Dorong Generasi Muda untuk Menerapkan Gaya Hidup Berkelanjutan

oleh -
Ikea Indonesia menciptakan tempat kerja berkelanjutan melalui Youthtopia Office Project (foto:ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ikea Indonesia berkolaborasi dengan organisasi nirlaba untuk aktivis muda, Youthtopia, dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya gaya hidup berkelanjutan (sustainable living). Ikea Indonesia melalui Youthtopia Office Project merancang desain interior dengan perabot ruang kerja ramah lingkungan untuk kantor pertamanya yang berlokasi di Bali.

Proyek ini merupakan salah satu bentuk komitmen Ikea Indonesia dalam menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang.

Berdasarkan penelitian dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) (2020), Indonesia merupakan salah satu negara di mana masyarakatnya tidak memercayai perubahan iklim. Ikea Indonesia percaya bahwa kesadaran untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari merupakan langkah awal menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk makhluk yang hidup di bumi.

Selain itu Ikea juga yakin bahwa generasi muda memiliki peran penting untuk meningkatkan kesadaran akan gaya hidup berkelanjutan yang menjadi alasan Ikea Indonesia memilih Youthtopia sebagai rekan.

Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Dyah Fitrisally, mengatakan Ikea melihat isu perubahan iklim dan pemanasan global dengan serius. Terlebih lagi, minimnya literasi masyarakat Indonesia akan permasalahan lingkungan menjadi perhatian pihaknya untuk mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan, salah satunya dengan menggunakan perabot ramah lingkungan.

“Dalam Youthtopia Office Project, kami menggunakan pintu kabinet Kungsbacka yang dibuat dari botol plastik daur ulang, bantal duduk Alseda yang dibuat dari serat pisang, serta kursi putar Odger yang dibuat dari renewable wood dan plastik daur ulang. Kami percaya perabot tersebut dapat mendukung cara bekerja yang berkelanjutan,” tuturnya.

Sementara itu Founder Youthtopia, Melati Wijsen mengatakan, sebagai start-up yang peduli akan gaya hidup berkelanjutan, pihaknya sangat senang dengan adanya Youthtopia Office Project. Kantor Youthtopia yang sudah didesain dengan menggunakan perabot ramah lingkungan dari Ikea telah membuktikan bahwa gaya hidup berkelanjutan dapat dilakukan saat ini, dimulai dari tempat kerja maupun rumah.

“Youthtopia berharap kantor baru kami dapat menjadi pusat aktivis muda dalam memerjuangkan gaya hidup berkelanjutan dan para aktivis muda,” ucapnya.

Generasi muda memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadaran gaya hidup berkelanjutan yang dapat dimulai dari tempat kerja. Pada akhirnya, Ikea Indonesia dan Youthtopia ingin menjadikan proyek ini sebagai inspirasi untuk pekerja, khususnya anak muda agar memilih perabot berkelanjutan untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik.

(pra)