Uji Coba Flyover Jalan Jakarta-Supratman Pekan Depan, Begini Skenarionya

oleh -
Besok, Uji Coba Flyover Jalan Jakarta -Supratman
Flyover Jalan Jakarta-Supratman. Foto: Taufiq Achmad Hidayat/Radar Bandung

RADARBANDUNG.id, BANDUNG Sudah rampung pengerjaan, rekayasa arus lalu lintas di Flyover Jalan Jakarta-Supratman akan diujicobakan, Senin – Selasa (7-8/12/2020) mendatang.

“Hasil rapat marathon hari ini dan kemarin, antara fungsi lalu lintas Kota Bandung rekayasa jalur di Flyover Jalan Jakarta-Supratman kita akan laksanakan uji coba hari Senin dan Selasa,” kata Wakasatlantas Polrestabes Bandung AKP Galih Raditya di Balai Kota Bandung, Jumat (4/11).

Menurut Galih, ujicoba dilakukan dengan skema satu arah pada hari Senin, dan Selasa dengan skema dua arah. “Kita uji coba dulu, baru nanti akan kita pilih mana yang terbaik untuk warga Kota Bandung,” ungkapnya.

Galih menyebut, waktu uji coba pagi dan sore hari. Hari Senin dan Selasa pagi pukul 06.00-09.00 WIB  dua jalur dahulu dan sore dari Pukul 15.00-19.00 WIB.

“Dipilih kedua waktu tersebut, karena itu merupakan jam sibuk. Sehingga akan diketahui kemungkinan skema mana yang akan digunakan,” terangnya

Uji coba ini, untuk menentukan cara operasional jalan layang ini apakah satu arah atau dua arah. Juga perhitungan jumlah volume kendaraan, beban arus lalu lintas dan evaluasi lainnya yang diharapkan dapat menjadi solusi kemacetan pada jalan tersebut.

Galih menyebut, setelah uji coba pihaknya akan kembali melakukan rapat dan memutuskan apakah diterapkan satu arah atau dua arah.

“Setelah uji coba, kita akan melakukan rapat lagi untuk memutuskan kepada forum lalu lintas, apakah dua arah atau satu arah” pungkasnya.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Khairul Rijal menjelaskan,  skenario pertama, flyover Jl. Jakarta hanya akan digunakan satu arah dari arah Antapani bagi kendaraan yang langsung menuju arah Jl.Supratman.

Besok, Uji Coba Flyover Jalan Jakarta-Supratman
FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

Sementara arus lalulintas dari Jl. Jakarta menuju ke Jl. Bogor, nantinya harus belok kanan ke arah timur (Cicaheum), tidak diperbolehkan belok kiri ke Jl. Ahmad Yani. Demikian pula, dari Jl. Supratman langsung belok kiri ke Jl. Ahmad Yani menuju Cicadas.

“Untuk kendaraan yang ke arah Kosambi, bisa menggunakan jalan Sukabumi atau jalan Ahmad Yani dekat KFC. Sementara jalan Bengawan, kendaraan dari jalan Jakarta tidak boleh belok kanan ke Bengawan, dan dari jalan Bengawan tidak boleh belok kanan ke Ahmad Yani,” jelas Rijal.