RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Dorong pertumbuhan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia, Visa, perusahaan pembayaran digital di dunia berkolaborasi dengan Gojek, penyedia teknologi pembayaran digital. Dalam kampanye ‘UMKM Bisa!’, Visa bertujuan memberdayakan UMKM dalam naungan Gojek Indonesia.
Kampanye UMKM Bisa! menghadirkan seperangkat instrumen pengetahuan dan wawasan bisnis bagi UMKM yang telah bergabung dalam ekosistem Gojek.
Kerja sama ini supaya UMKM mampu bertahan dan bertumbuh saat pandemi dan ke depannya.
Kampanye UMKM Bisa! hadirkan video hingga modul e-learning
Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman menuturkan, kampanye menghadirkan beragam video, infografik, dan modul e-learning.
Visa bersama Gojek menargetkan 600 ribu merchant UMKM Gojek serta mengomunikasikan inisiatif ini ke tujuh juta merchant Gojek lainnya.
“Para pelaku UMKM akan menerima serangkaian modul interaktif yang dapat pelajari secara mandiri, dan jika siap, mengerjakan kuis untuk menguji pemahamannya atas materi,” kata Riko, Kamis (10/12).
Baca Juga: Gojek Hadirkan 5 Solusi Hidup Bagi Warga Bandung
Setelah lulus kuis, lanjut Riko, para pelaku usaha akan menerima sertifikat kelulusan dan kesempatan untuk memenangkan sejumlah hadiah menarik.
Berdasarkan studi Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO), upaya pengembangan kapasitas UMKM sangat penting.
Baca Juga: Prinsip Gotong Royong ala Gojek Menguatkan UMKM saat Pandemi
Tanpa adanya dukungan tambahan, banyak pelaku usaha yang terpaksa tutup usaha dalam waktu enam bulan jika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terus berlangsung.
90 persen bisnis masuk kategori UMKM
Indonesia sendiri, lebih dari 90 persen bisnis masuk dalam kategori UMKM yang berkontribusi 60 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) dan menyerap 97 persen tenaga kerja domestik.
Hal ini menjadikan UMKM sebagai roda penggerak yang vital bagi kesehatan perekonomian Indonesia.
“Kami senang dapat bermitra dengan Gojek dalam meluncurkan kampanye UMKM Bisa! yang menghadirkan perangkat dan pengetahuan online bagi pelaku usaha yang terdampak dan membutuhkan dukungan. Sebagai perusahaan global yang menjalankan bisnis lokal, kami menyadari kebutuhan ini di Indonesia,” ungkapnya.
Riko mengaku, berkomitmen terhadap pemulihan jangka panjang dan akan terus mencari cara untuk mengakselerasi aktivitas ekonomi sejalan dengan misi Visa untuk membantu individu, bisnis, dan ekonomi berkembang.
Selain itu, dukungan Gojek untuk kampanye UMKM Bisa! merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dalam inisiatif melaju bersama Gojek.