Bersama Warga Tim Jabar Quick Response (JQR) Bangun Rumah Roboh

oleh -
Rumah Aki Udin yang roboh di Kampung Ciluncat Lio RT. 001 RW. 001 Desa Cibadak Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur dibangun kembali oleh Tim Jabar Quick Response (JQR) Pemprov Jabar.

RADARBANDUNG.id, CIANJUR – Aki Udin (80) bisa bernafas lega, bagaimana tidak, rumahnya yang ambruk di Kampung Ciluncat Lio RT. 001 RW. 001 Desa Cibadak Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, bisa dibangun kembali. Tim Jabar Quick Response (JQR) Pemprov Jabar datang memberikan bantuan.

Keluarga memberikan minum untuk Aki Udin (80).

Tim operasional lapangan Jabar Quick Response(JQR), Arif Rahmat Setiadi mengatakan, setelah mendapakan aduan dari warga tim JQR bergerak ke lokasi.

“Melalui layanan aduan web jabarqr.id kita mengetahui adanya musibah yang dialami Aki Udin, disini kita melakukan survey, malalui hasil survey ini kita menyimpulkan harus segera dibantu,” ujar Arif, Kamis (3/12/2020).

Menurut Arif, dalam memberikan bantuan pembangunan rumah, pihaknya menggunakan pola gotong royong. Aparat desa setempat dan warga juga diajak ikut dalam proses pembangunan rumah.

“Kami tetap mengedepankan pola kolaborasi seperti arahan Gubernur Ridwan Kamil, jadi aparat desa warga juga disini memberikan bantuan melalui swadaya saat pembangunan rumah nanti, ada yang memberikan bahan bangunan, uang bahkan makanan untuk yang bekerja,” tambahnya.

Lanjut arif, pembangunan rumah Aki Udin ditargetkan dalam waktu dua minggu akan berdiri dan layak ditempati. Sementara Aki Udin tinggal di rumah keluarganya.

Ketua RT setempat Lilis, menambahkan, warga berinisiatif untuk membangun kembali rumah bapak Udin melalui swadaya masyarakat sekitar.

“Ada yang menyumbang kayu, bata, bahkan uang seribu dua ribu” tuturnya. Namun untuk pembelian bahan material uang yang terkumpul masih belum mencukupi dan pembangunan sempat terhenti,” keluhnya.

Aki Udin merupakan salah satu potret kehidupan yang perlu perhatian semua pihak. Di usia senjanya harus tetap berjuang untuk hidup.

JQR merupakan tim respon cepat penanganan masalah kemanusiaan yang diluncurkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di awal masa jabatannya. Melalui kanal aduan website jabarqr.id, warga Jabar bisa mengadukan permasalaham sosial di lingkungannya.

(azm)