Anak Muda Bandung Kampanyekan Remaja Berkain

oleh -

RADARBANDUNG.id, BANDUNGGAK melulu identik dengan pakaian kuno, menggunakan kain juga sekarang bisa membuat tampilan lebih stylish.

Padu padan kain dengan atasan model loose atau fit membuat penampilan menjadi menarik dan siap jadi pusat perhatian.

  • Kampanye Remaja Berkain

Seperti yang sedang sekumpulan anak muda Bandung gagas dalam mempromosikan kebudayaan Indonesia melalui kampanye ‘Remaja Berkain’.

Remaja berkain adalah kampanye yang Sama Community buat untuk menaikan pamor kain pada kalangan anak muda.

Stigma masyarakat yang masih memandang penggunaan kain hanya sebatas untuk acara formal ingin mereka ubah. Salah satunya dengan menggelar event dengan judul ‘Bincang Nusantara’ bersama desainer pakaian.

Isyanti Rahamaya dari Sama Community menuturkan, ide awal membuat kampanye Remaja Berkain adalah ketertarikannya bersama teman-temannya akan kain tradisional Indonesia yang begitu kaya.

Corak kain dari berbagai daerah menghasilkan motif yang bisa jadi keunikan bagi pemakainya. Selain itu, mereka juga berupaya supaya kain bisa menjadi daily wear atau pakaian sehari-hari.

Isyanti mengatakan, kepedulian anak muda dalam melestarikan kebudayaan perlu dipancing dengan kegiatan-kegiatan menarik.

Baca Juga: Batik Motif Virus Curi Perhatian

  • Bincang Nusantara

Bisa juga dengan konsep kolaboratif, seperti yang Sama Community bersama Herbal House Herbs& Eatery lakukan dalam kegiatan bincang nusantara.

Pada acara tersebut, Sama mendatangkan dua desainer muda yang bergerak pada pembuatan pakaian bercorak budaya.

Adalah Taroonka dan Istafada, dua brand lokal yang punya pangsa pasar anak muda yang cukup besar di Kota Bandung.

Baca Juga: Perempuan dalam Perspektif Berbeda 

“Kita mau naikin kesadaran pentingnya melestarikan budaya Indonesia melalui tata busana. Memang mengangkat fesyen, karena anak muda biasanya akan tertarik kalau melalui fesyen. Maka kita undang brand dari Taaroonka dan Istafada,” kata Isyanti.

Kedua brand tersebut berusaha mewakili budaya Indonesia pada setiap karya. Seperti Taaroonka lewat kain-kain yang dibuat menjadi outer, celana lilit, dan atasan yang cantik.

Ada juga Istafada yang dikenal sebagai brand fesyen yang membuat kain tradisional menjadi pakaian dan masker fashionable.

“Mereka mewakilkan nilai filosofis Indonesia, meskipun tidak secara langsung. Ia (Taaroonka dan Istafada) pakai warnanya misalkan warna nusantara atau earth tone. Nah value brandnya sendiri sudah kekinian, tetapi tanpa meninggalkan budaya kita yang dulu,” jelasnya.