RADARBANDUNG.id, JAKARTA – Telkomsel memahami bahwa produk digital dan layanan telekomunikasi menjadi semakin vital bagi kehidupan sehari-hari.
Terlebih saat pandemi ketika sebagian masyarakat masih memusatkan kegiatannya di rumah.
Hal ini salah satunya dengan kenaikan broadband tertinggi Telkomsel selama masa pandemi yang mencapai 49%.
Catatan berbanding lurus dengan peningkatan penggunaan layanan mobile game oleh pelanggan Telkomsel sebesar 231%.
Fenomena itu membuat Telkomsel melalui Dunia Games menghadirkan lebih banyak produk dan layanan solusi hiburan digital pada bidang esports.
Upaya ini mengantarkan Dunia Games meraih penghargaan “The Most Favorite Gaming Media of The Year” pada Indonesia Gaming Awards (IGA) 2020.
Selain itu “The Most Favorite Non-Publisher Esports Tournament” dalam ajang Indonesian Esports Awards 2020.
Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana mengatakan, sebagai leading digital telco company, Telkomsel memiliki komitmen untuk terus bergerak maju mendorong ekosistem digital di Indonesia secara inklusif dan berkesinambungan.
”Dalam mewujudkan upaya tersebut, Telkomsel salah satunya menaruh fokus untuk mendukung kemajuan industri esport dan gaming Tanah Air melalui platform Dunia Games,” katanya, Kamis (31/12/2020).
“Maka kami memaknai kedua penghargaan di atas sebagai pendorong tambahan bagi Telkomsel dan Dunia Games untuk terus menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi penggiat game Indonesia,” sambungnya.
Dalam mendorong perkembangan industri game dan esports Tanah Air, Dunia Games menjalankan empat pilar utama layanan yang meliputi portal media komunitas, penyelenggara kompetisi, payment gateway, dan penerbit game.
Keempat fungsi tersebut terus Dunia Games jalankan dalam memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan industri esports Indonesia.
Serta kemajuan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat di dalamnya secara menyeluruh dan berkelanjutan.
Pada fungsinya sebagai portal media game, Dunia Games menyediakan informasi berkualitas dengan lebih dari 100 artikel setiap minggu dan lebih dari 1.800 video.
Kerja keras itu pun memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan basis pengguna yang mencapai 17 juta orang.
Dunia Games juga mencatat peningkatan jumlah times views 150% dari tahun sebelumnya, atau tumbuh dari 20 juta times views menjadi 57 juta times views.
Selain itu, Dunia Games sebagai penyelenggara kompetisi telah menggelar berbagai macam turnamen esports tahunan bergengsi, seperti Dunia Games League dan Indonesia Games Championship (IGC).
Khusus untuk IGC, pada penyelenggaraannya pada 2020, kompetisi yang lebih dari 34.000 peserta ikuti dari 457 kab/kota serta 3 negara Asia Tenggara.
Turnamen esports hasil kolaborasi Telkomsel dan Garena Indonesia dengan total hadiah lebih dari Rp1,6 miliar ini menyedot lebih dari 14 juta views dan 1,7 juta jam waktu tonton (watch time).
Pencapaian yang telah Dunia Games torehkan sebagai portal media game dan penyelenggara kompetisi menjadi penilaian utama Indonesia Gaming Awards (IGA) 2020.
Serta Indonesian Esports Awards 2020 dalam menobatkan Dunia Games sebagai “The Most Favorite Gaming Media of The Year “ dan “The Most Favorite Non-Publisher Esports Tournament”.
Dunia Games juga memperkuat ekosistemnya dengan menghadirkan layanan payment gateway untuk berbagai macam game dan voucher game menggunakan alat pembayaran bervariatif, termasuk melalui Direct Carrier Billing (DCB) Telkomsel.
Per November 2020, terdapat 6 juta pengguna yang telah bertransaksi dengan Dunia Games DCB.
Sedangkan akhir 2020 terdapat lebih dari 150 game publishers dan developers yang telah terhubung melalui Dunia Games DCB.
Secara keseluruhan, transaksi Dunia Games terus mengalami pertumbuhan sepanjang 2020, yang salah satunya didorong meningkatnya kebutuhan pelanggan akan hiburan digital berkualitas dalam memusatkan berbagai aktivitas hariannya dalam rumah akibat pandemi.
Sepanjang Januari–November 2020, terjadi kenaikan transaksi sebesar 166% jika dari periode yang sama tahun lalu.
Sementara itu, terjadi kenaikan 231% pada Desember 2020, yang notabene termasuk masa pandemi, dari Januari 2020 saat pandemi belum terjadi.
Baca Juga: Jaga Semangat Belajar, Telkomsel dan Zenius Gelar Kompetisi “Ilmupedia Berani Jawab Season 2”
Sedangkan dalam menjalankan fungsinya sebagai penerbit game secara konsisten, Dunia Games menghadirkan berbagai pilihan game menarik untuk masyarakat Indonesia.
Sepanjang 2020 ini tercatat sudah ada tiga game yang diluncurkan Dunia Games, yaitu Rise of Nowlin (Februari 2020), Kolak Express 3 (Mei 2020), dan Three Kingdoms: Quest of Infinity (Desember 2020).
Baca Juga: Aktivitas Digital Dorong Pertumbuhan Trafik Layanan Data Telkomsel
Bersama ShellFire (2018) dan Lord of Estera (2019), total terdapat lima game yang telah diterbitkan oleh Dunia Games dengan berbagai genre yang disesuaikan dengan minat para penikmat mobile game di seluruh Indonesia.
“Kedua penghargaan tadi merupakan sebuah pencapaian yang spesial bagi kami karena dengan penghargaan ini menjadi apresiasi terhadap komitmen kami dalam memajukan industri esports dan gaming Indonesia,” tuturnya.
“Kami pun akan memaknainya dengan terus memperkuat prinsip customer-centric dalam menghadirkan berbagai macam inovasi terbaru segmen gaming guna memenuhi berbagai kebutuhan seluruh pemangku kepentingan di industri esports Tanah Air,” tandasnya.